Pembentukan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah Dipengaruhi Oleh Tradisi Markobar (Studi Kasus Desa Purba Baru Kecamatan Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal)

MUSTHAFA, HALUM (2023) Pembentukan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah Dipengaruhi Oleh Tradisi Markobar (Studi Kasus Desa Purba Baru Kecamatan Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (cover,pengesahan)
COVER HM.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I HM.pdf - Published Version

Download (882kB)
[img] Text (BAB III)
BAB_III HM.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] Text (BAB V, DAFTAR PUSTAKA)
BAB_V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (580kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI full text HM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Pembentukan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah Dipengaruhi Oleh Tradisi Markobar (Studi Kasus Desa Purba Baru Kecamatan Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal), Disusun oleh Halum Musthafa NIM: 1713010211, Program studi Hukum Keluarga Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Permasalahan ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan angka perceraian pasangan yang melaksanakan tradisi markobar dalam pesta perkawinan dengan angka perceraian pasangan yang tidak melaksanakan tradisi markobar di Desa Purba baru. Adapun pertanyaan penelitiannya yaitu: Pertama, bagaimana peroses pelaksanaan markobar? Kedua, apa pengaruh tradisi markobar terhadap pembentukan keluarga sakinah mawaddah warahmah? Ketiga, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap tradisi markobar? Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan kepustakaan (file research). Seluruh data digali dan dianalisa dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif, yaitu penelitian dengan menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi dilapangan yang menjadi objek penelitian sebagaimana adanya. Untuk mengumpulkan data penulis melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan juga data tidak langsung seperti karya ilmiyah, buku-buku, kitab Al-Qur’an dan hadits. Hasil penelitian ini menunjukkan Pertama, proses acara mangan panomuan adalah menghadirkan sanak family, harajaon, dalihan natolu serta teman-teman pengantin wanita untuk memberikan nasehat yang dihiasi dengan makanan-makanan, sedangkan ajar poda memberikan nasehat-nasehat lebih mendalam dari hatobangon terhadap kedua pengantin. Kedua, tradisi markobar sangat berpengaruh terhadap pembentukan keluarga sakinah mawaddah warahmah karena para pengantin akan dibekali ilmu berkeluarga dan bagaimana cara mengatasi masalah-masalah yang akan dilalui. Ketiga, tradisi markobar yang dilaksanakan pada pesta perkawinan sudah sejalan dengan ajaran agama Islam. Kata Kunci: Tradisi Markobar, Keluarga Samawa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Markobar, Keluarga Samawa
Subjects: Agama Islam
D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Syariah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:48
Last Modified: 13 Oct 2023 07:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17969

Actions (login required)

View Item View Item