PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 2 PADANG PARIAMA

Zulmiah, Zulmiah (2023) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 2 PADANG PARIAMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover)
Cover, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (792kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (790kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (579kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis peserta didik kelas VIII MTsN 2 Padang Pariaman Tahun Ajaran 2022/2023. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis disebabkan oleh peserta didik belum mampu menyelesaikan masalah sesuai indikator kemampuan pemecahan masalah, sedangkan disposisi matematis disebabkan kurangnya minat belajar matematika, dan percaya diri peserta didik ketika diminta untuk maju mengerjakan soal ke depan. Adapun usaha yang dilakukan adalah dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN 2 Padang Pariaman Tahun Ajaran 2022/2023. 2) mengetahui disposisi matematis peserta didik yang belajar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education di kelas VIII MTsN 2 Padang Pariaman Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah quasi experiment dan rancangannya randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 2 Padang Pariaman Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Terpilih kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen dan VIII.9 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dianalisis dengan uji-t dan angket disposisi matematis dengan menghitung derajat pencapaian. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan, diperoleh rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis di kelas eksperimen 82,25 dan kelas kontrol 74,08. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan selang kepercayaan 95% diperoleh dan sehingga, Ini berarti ditolak dan diterima. Untuk angket disposisi matematis didapatkan derajat pencapaian 83%, sehingga memiliki kriteria sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen yang belajar dengan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas kontrol yang belajar dengan pendekatan saintifik di kelas VIII MTsN 2 Padang Pariaman Tahun Ajaran 2022/2023. Oleh karena itu, diharapkan pendidik matematika terkhususnya di MTsN 2 Padang Pariaman menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis
Subjects: U Umum (General) > Matematika
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 12:35
Last Modified: 16 Oct 2023 12:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17966

Actions (login required)

View Item View Item