Kondisi Psikologis Orang Tua Tunggal di Desa Pardomuan Kecamatan Angkola Selatan ditinjau dari Perspektif BKI

Hartati, Rika (2023) Kondisi Psikologis Orang Tua Tunggal di Desa Pardomuan Kecamatan Angkola Selatan ditinjau dari Perspektif BKI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, Pernyataan Keaslian, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Tim Penguji, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (558kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (BAB V, Daftar Pustaka)
BAB V.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (Fultek)
SKRIPSI RIKA 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Idealnya psikologis orang tua tunggal ditinjau dari aspek kognitif yaitu mampu menerima takdir, ikhlas dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Mampu berfikir jernih, dan dapat mengambil keuputusan dengan kondisi yang dialaminya. Aspek afektif yaitu dapat mengendalikan emosi, memberikan dukungan terhadap perkembangan anak serta menerima nilai-nilai kebaikan orang lain. Aspek konatif adalah mampu bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar, serta bertindak sesuai yang diharapkan. Penelitian awal bahwa, ada asumsi psikologis orang tua tunggal pada aspek kognitif yaitu tidak dapat berfikir positif, merasa tidak adil dengan takdir yang ia alami. Aspek afektif yaitu merasa cemas dan takut jika anaknya bertindak tidak sesuai yang diharapkannya serta tidak dapat mengendalikan emosi dengan baik. Aspek konatif yaitu informan lebih menutup diri dengan lingkungan sosialnya, menjadi tidak peduli dengan tanggapan orang kepadanya. Berdasarkan permasalahan dimaksud penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut dalam skripsi ini yang berjudul “Kondisi Psikologis orang tua tunggal Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu file research (penelitian lapangan), dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Yang dijadikan subjek penelitian ini adalah ibu sebagai orang tua tunggal dan sebagai data sekunder yaitu teman kerja dan tetangga ibu orang tua tunggal dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui reduksi data, penyajian data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Kondisi psikologis dari aspek kognitif yang dialami oleh ibu orang tua tunggal yaitu masih menyesuaikan diri dengan statusnya, suasana hati yang tertekan, kesulitan berkonsentrasi, dan sulit berfikir positif terhadap kondisi yang dialami. Namun ada yang berpendapat bahwa kondisi saat inimadalah sebuah takdir dan harus dijalani. 2). Kondisi psikologis dari aspek afektif ibu orang tua tunggal mengalami takut yang berlebihan, emosional, menuntut anaknya menjadi yang terbaik agar masa depan anaknya tidak seperti dia, serta perasaan yang kurang percaya diri, dan ada yang menolak pemberian bantuan dari tetangganya. 3). Kondisi psikologis dari aspek konatif bahwa ibu orang tua tunggal menjauhkan diri dari lingkungan sosial, menjadi lebih menutup diri dan sulit dalam memberikan kepercayaan kepada orang lain. Hal yang memberatkan bagi mereka para adalah membesarkan anak-anaknya termasuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, mencari uang untuk menafkahi keluarganya, menghadapai stigma negatif dari masyarakat, dan juga memenuhi kebutuhan kasih sayang keluarganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Psikologis, Orang Tua Tunggal
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:46
Last Modified: 13 Oct 2023 03:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17923

Actions (login required)

View Item View Item