Yumariza, Ninik (2023) Penerapan Model Giving Question And Getting Answer (GQGA) Disertai Video Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 11 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.
Text (Cover, Persembahan, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Penguji, Abstrak, Daftar isi, Daftar Tabel , Daftar Gambar dan Daftar Lampiran)
Ninik Yumariza NIM 1914040029 Cover, Persembahan, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Penguji, Abstrak, Daftar isi, Daftar Tabel , Daftar Gambar dan Daftar Lampiran.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
Ninik Yumariza. NIM 1914040029 BAB 1.pdf - Published Version Download (469kB) |
|
Text (BAB III)
Ninik Yumariza. NIM 1914040029. BAB III.pdf - Published Version Download (788kB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Ninik Yumariza. NIM 1914040029. BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (308kB) |
|
Text (Ninik Yumariza 1914040029 Fulltext)
Ninik Yumariza NIM 1914040029 FullText.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis peserta didik kelas VIII MTsN 11 Pesisir Selatan. Penyebabnya adalah setiap indikator kemampuan pemecahan masalah belum dikuasai oleh peserta didik. Usaha yang dilakukan adalah dengan menerapkan model Giving Questions And Getting Answer (GQGA) disertai video interaktif. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model Giving Questions And Getting Answer (GQGA) disertai video interaktif lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan model Discovery Learning, serta disposisi matematis peserta didik kelas eksperimen di MTsN 11 Pesisir Selatan. Jenis penelitian adalah quasy experiment dengan rancangan randomized control group only design. Populasinya adalah semua peserta didik kelas VIII MTsN 11 Pesisir Selatan, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dan sampel yang terpilih adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket disposisi matematis peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan persentase derajat percapaian untuk disposisi matematis. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen 79,83 dan kelas kontrol 69,41. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t, pada selang kepercayaan 95% diperoleh t_hitung (2,13)≥t_tabel (1,67) maka keputusannya H_0 ditolak artinya H_1 diterima, artinya kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan model Giving Questions And Getting Answer (GQGA) disertai video interaktif lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model Discovery Learning. Hasil pengolahan angket disposisi matematis peserta didik diperoleh derajat pencapaian 81,22 % dengan kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Giving Questions And Getting Answer (GQGA) disertai video interaktif kemampuan pemecahan masalah peserta didik dapat meningkat dan disposisi matematis peserta didik berkondisi baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Giving Questions And Getting Answer (GQGA), Video Interaktif, Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis |
Subjects: | U Umum (General) > Matematika U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 12:23 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 12:23 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17916 |
Actions (login required)
View Item |