Penerapan Media Pembelajaran berbasis Somatic,Auditory,Visual,Intellectual terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta didik.

Iskandar, Vicky (2023) Penerapan Media Pembelajaran berbasis Somatic,Auditory,Visual,Intellectual terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta didik. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER,PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI)
COVER PENGESAHAN DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (777kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (423kB)
[img] Text (BAB 5, DAFTAR PUSTAKA)
BAB 5 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Fisika kelas XI IPA di MAN 2 Pesisir Selatan, diantaranya kurangnya pasrtisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran, model yang digunakan belum bervariasi, media yang digunakan juga kurang menarik dan terkesan membosankan. Menyikapi permasalahan tersebut maka penulis menerapkan media pembelajaran dengan model pembelajaran Somatic,Auditory,Visual,Intellectual (SAVI). Tujuan dari penelitian untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis Somatic,Auditory,Visual,Intellectual (SAVI) terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. pada materi Suhu kalor/perpindahan dan Pemanasan global lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Inkuiri terbimbing saja. Jenis Penelitian adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan Counterbalanced Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPA MAN 2 Pesisir Selatan. Sedangkan untuk sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Soal tes. Data yang diambil diuji dengan menggunakan uji Hipotesis t: Test Two Sample Assuming Equal Variances. Hasil yang diperoleh, terdapat perbedaan hasil keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Kelas yang menerapan media pembelajaran berbasis SAVI dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis SAVI . nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik yang menerapkan media pembelajaran berbasis SAVI lebih tinggi dibandingkan kelas yang tidak menggunakan media berbasis SAVI. Berdasarkan Output 1- Test Two Sample Assuming Equal Variances KD 3.5 diperoleh nilai P(T<=t) one tail adalah 0,274184119 sehingga nilai Sig > 0,05 Ho ditolak Ha diterima, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji 1-Test Two Sample Assuming Equal Variances, dapat disimpulkan bahwa pada Ho diterima Ha ditolak artinya penerapan media pembelajaran berbasis SAVI terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif lebih baik dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis SAVI. Kata kunci : Model Pembelajaran inquiry, SAVI, Berpikir Kritis dan Kreatif,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran inquiry, SAVI, Berpikir Kritis dan Kreatif
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:00
Last Modified: 06 Feb 2024 02:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17895

Actions (login required)

View Item View Item