Analisis Pelaksanaan Program Rumah Layak Huni Berdasarkan Peraturan Gubernur Riau Nomor 21 Tahun 2019 Tentang Pembangunan dan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Menjadi Rumah Layak Huni (Studi Kasus Di Desa Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir)

Suradi, Suradi (2023) Analisis Pelaksanaan Program Rumah Layak Huni Berdasarkan Peraturan Gubernur Riau Nomor 21 Tahun 2019 Tentang Pembangunan dan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Menjadi Rumah Layak Huni (Studi Kasus Di Desa Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (COVER)
Suradi 1913030105 cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
SURADI 1913030105 BAB I.pdf - Published Version

Download (848kB)
[img] Text (BAB III)
SURADI 1913030105 BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
SURADI 1913030105 BAB V.pdf - Published Version

Download (750kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Suradi 1913030105 Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Analisis Pelaksanaan Program Rumah Layak Huni Berdasarkan Peraturan Gubernur Riau Nomor 21 Tahun 2019 Tentang Pembangunan dan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Menjadi Rumah Layak Huni (Studi Kasus Di Desa Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir)”. Ditulis oleh Suradi NIM 1913030105Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan masalah belum optimalnya program rumah layak huni di Desa Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah masih terdapat penduduk yang tidak memiliki rumah layak huni, disebabkan masih banyak kurangnya kualitas sumber daya manusia yang mempengaruhi tingkat ekonomi masyarakat desa. Di dalam penelitian penulis bertujuan menjawab pertanyaan penelitian : Pertama, Bagaimana mekanisme pelaksanaan program rumah layak huni di Desa Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah. Kedua, Faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan program rumah layak huni di Desa Bagan Batu. Dan ketiga, Analisis pelaksanaan program rumah layak huni di Desa Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah berdasarkan Peraturan Gubernur Riau Nomor 21 Tahun 2019 Tentang Pembangunan dan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Menjadi Rumah Layak Huni. Penelitian ini adalahpenelitian lapangan (field reaserch) dengan pendekatan kualitatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan observasi di Desa Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah. Data sekunder diperoleh dari dokumentasiyang berhubungan dengan penelitian. Teknik analisis data dilaksanakan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: pertama, mekanisme pelaksanaan program rumah layak huni di Kecamatan Bagan Sinembah sudah berjalan dengan cukup baik berdasarkan peraturan yang telah di tetapkan. Sehingga rumah yang di berikan sudah semua selesai dibangun. Namun untuk kebijakan pelaksanaan belum cukup baik karena masih ada beberapa yang tidak sesuai dengan peraturan. Kedua faktor-faktor penghambatan dalam proses pelaksanaan yaitu:kurangnya partisipasi dari masyarakat, terjadinya keterlambatan dalam penyelesaian pembangunan dari waktu yang telah di tentukan,barang material tidak memenuhi standar. Ketiga, analisis pelaksanaan program rumah layak huni sudah berjalan dengan cukup baik berdasarkan Peraturan Gubernur Riau Nomor 21 Tahun 2019 Tentang Pembangunan dan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Menjadi Rumah Layak Huni. Namun Kriteria penerima bantuan RLH masih kurang selektif dalam cara penentuan penerima program rumah layak huni sehingga ada penerima dengan pendapatan yang tetap dan lebih tinggi mendapatkan bantuan. Kata kunci: program rumah layak huni

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Rumah Layak Huni
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:07
Last Modified: 13 Oct 2023 01:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17864

Actions (login required)

View Item View Item