Prayeska, Prayeska (2023) Pemahaman Konsep, Teori Pirie-Kieren. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
This is the latest version of this item.
Text (Cover dkk)
SKRIPSI PRAYESKA 1814040060 coverr.pdf - Published Version Download (592kB) |
|
Text (BAB I)
SKRIPSI PRAYESKA 1814040060 BAB I.pdf - Published Version Download (712kB) |
|
Text (BAB III)
SKRIPSI PRAYESKA 1814040060 BAB III.pdf - Published Version Download (704kB) |
|
Text (BAB V)
SKRIPPSI PRAYESKA 1814040060 BAB V.pdf - Published Version Download (436kB) |
|
Text (Full Text)
SKRIPSI PRAYESKA 1814040060 Full Text (2).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beragamnya pemahaman konsep peserta didik di kelas VIII-B SMP Plus Darusshaleh Solok Selatan. Pemahaman peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar sangat penting untuk dimiliki setiap peserta didik karena sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu cara yang digunakan untuk melihat keberagaman tersebut adalah dengan menggunakan teori Pirie-Kieren. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemahaman konsep peserta didik berdasarkan teori Pirie-Kieren pada tingkat tinggi, sedang dan rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh kelas VIII-B SMP Plus Darusshaleh Solok Selatan sebanyak 17 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling maka sampel dipilih berdasarkan jawaban tes pemahaman konsep peserta didik. Maka dipilih 6 orang peserta didik yang terdiri dari 2 orang mewakili tingkat pemahaman tinggi, 2 orang mewakili tingkat pemahaman sedang dan 2 orang mewakili tingkat rendah. Berdasarkan analisis data tes kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar di kelas VIII-B SMP Plus Darusshaleh Solok Selatan memperoleh nilai rata-rata 72,12%. Kelompok peserta didik dengan pemahaman konsep tingkat tinggi dapat menjawab dengan baik, terlihat peserta didik dapat mencapai kedelapan tahapan pemahaman teori Pirie-Kieren yaitu : Primitive Knowing, Image Making, Image Having, Property Noticing, Formalizing, Observing, Structuring, Inventising. Kelompok sedang, mampu mencapai tujuh dari delapan tahapan yaitu sampai pada tahap Structuring. Dan kelompok rendah hanya mampu menguasai tahap Primitive Knowing.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Teori Pirie-Kieren |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:09 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 08:50 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17860 |
Available Versions of this Item
-
Pemahaman Konsep, Teori Pirie-Kieren. (deposited UNSPECIFIED)
- Pemahaman Konsep, Teori Pirie-Kieren. (deposited 15 Jan 2024 04:09) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |