Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 10 Padang

Nurhadila, Siti (2023) Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 10 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover s/d Daftar isi)
Cover.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text (Bab V dan Daftar Pustaka)
Bab V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text (Siti Nurhadila Skripsi Full Text)
Siti Nurhadila- Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah “Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 10 Padang” ditulis oleh Siti Nurhadila 1914010111 Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh interaksi yang dilakukan siswa dengan teman sebayanya di dalam kelas sehingga dominan terlihat dampak positif bagi minat belajarnya siswa itu ketika pembelajaran di langsungkan. Berdasarkan hasil observasi awal hal ini terlihat dari siswa yang cenderung senang dan bersemangat dalam proses pembelajaran serta mengerjakan tugas yang diberikan. Kemudian, saat pembelajaran berlangsung juga terdapat siswa yang membantu temannya dalam memahami materi pembelajaran. Dan siswa yang cenderung lebih terpacu dan bersemangat bila ada melihat temannya yang mendapatkan nilai lebih tinggi. Sehingga hal ini memberikan pengaruh positif pada minat belajar siswa baik itu pengaruh positif maupun negatif. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Interaksi teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 10 Padang. (2) Untuk Mengetahui besarnya persentase pengaruh teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas XI pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif metode Ex-Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 10 Padang yang berjumlah 319 orang dan sampel sebanyak 76 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi teman sebaya yang terdiri dari 76 responden sebagian besar berada pada kategori sedang dengan jumlah persentase frekuensi sebanyak 50% dan hasil minat belajar dari 76 responden sebagian besar berada pada kategori sedang dengan jumlah persentase frekuensi sebanyak 39,5%. Berdasarkan uji analisis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS versi 25 diperoleh nilai F hitung = 63,415 dengan tingkat signifikansi sebesar sebesar 0,015< 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh antara interaksi teman sebaya terhadap minat belajar siswa. Nilai korelasi atau pengaruh sebesar 0,679 dari output tersebut didapatkan nilai R Square sebesar 0,461, yang dapat diartikan besarnya pengaruh interaksi teman sebaya terhadap minat belajar siswa adalah sebesar 46%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: interaksi teman sebaya, minat belajar siswa, pendidikan agama Islam
Subjects: Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:30
Last Modified: 30 Jan 2024 04:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17859

Actions (login required)

View Item View Item