Asril, Riga Firdaus (2023) SENJA KALA MEDIA CETAK DI SUMATRA BARAT (HARIAN HALUAN DAN SINGGALANG). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.
Text (Cover, Surat Pernyataan, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Tim Penguji, Abstrak, Daftar Isi)
cover-daftar isi.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (390kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Download (239kB) |
|
Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf Download (384kB) |
|
Text (Full Text-Riga Firdaus Asril)
Skripsi Full Text Riga F Asril.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Riga Firdaus Asril, NIM 1712010080 Judul Skripsi Senja Kala Media Cetak di Sumatra Barat (Harian Haluan dan Singgalang), Skripsi ini merupakan tugas akhir sebagai mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang berjumlah 105 halaman. Penelitian ini menginvestigasi perkembangan dan tantangan yang dihadapi oleh media cetak di Sumatra Barat melalui analisis kasus dua harian terkemuka, yaitu Harian Haluan dan Harian Singgalang . Kajian ini dilakukan dalam konteks dinamika media masa saat ini yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan observasi untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media cetak di Sumatra Barat, khususnya Harian Haluan dan Harian Singgalang , mengalami berbagai tantangan seperti penurunan sirkulasi dan pendapatan iklan, serta persaingan dengan media digital. Meskipun demikian, keduanya tetap memiliki peran penting dalam menyediakan informasi lokal yang mendalam dan menjadi bagian integral dari ekosistem media di daerah ini. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang peran media cetak dalam konteks media masa modern dan memberikan saran strategis untuk mempertahankan relevansi dan keberlanjutan media cetak di era digital. Harian Haluan dan Singgalang telah berhasil menerapkan strategi konvergensi media di era digital. Mereka telahh mencoba mengadopsi lima dimensi konvergensi media Rich Gordon, meskipun masih ada ruang untuk perbaikan dalam pengaplikasiannya. Dua media cetak ini telah melakukan konvergensi kepemilikan, kolaborasi promosi silang, restrukturisasi organisasi, pelatihan jurnalis, dan penyampaian berita yang disesuaikan. Selain itu, mereka berkolaborasi dalam produksi dan distribusi koran di Sumatra Barat, serta mengurangi jumlah halaman koran untuk mengendalikan biaya produksi. Kata Kunci: Media Cetak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Cetak |
Subjects: | U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FDIK |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 04:00 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 04:00 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17827 |
Actions (login required)
View Item |