FUNGSI BUMNAG MADANI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KENAGARIAN LUBUK MALAKO SOLOK SELATAN

Juliadi, Algeri (2023) FUNGSI BUMNAG MADANI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KENAGARIAN LUBUK MALAKO SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text (Cover-Keaslian-Persetujuan Pembimbing-Pengesahan Tim Penguji-Abstrak-Kata Pengantar-Daftar Isi-Algeri Juliadi-1712040054)
COVER.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text (Bab I-Algeri Juliadi-1712040054)
BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Bab III-Algeri Juliadi-1712040054)
BAB III.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Bab V-Daftar Pustaka -Algeri Juliadi-1712040054)
BAB V.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (Full text-Skripsi-Algeri Juliadi-1712040054)
FULL SKRIPSI ALGERI JULIADI (1712040054).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Fungsi BUMNag Madani Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Kenagarian Lubuk Malako, Solok Selatan yang disusun oleh Algeri Juliadi 1712040054. Prodi Pengembagan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Pembentukan Badan Usaha Milik Nagari adalah salah satu kewenangan lokal berskala desa. Kewenangan lokal berskala desa menurut Permendes PDTT Nomor 1 Tahun 2015 Pasal 1 angka 4 adalah kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat desa yang telah dijalankan oleh desa atau mampu dan efektif dijalankan oleh desa atau yang muncul karena perkembangan desa dan prakarsa masyarakat desa. Berjalannya Fungsi BUMNag dengan baik, akan dapat mengarahkan masyarakat untuk meningkatkan keberfungsian sosial yang berarti masyarakat bisa menjalankan peran sosial di lingkungannya. BUMNag sendiri mempunyai beberapa aset yang digunakan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Namun dalam hal ini peneliti lebih memfokuskan fungsi dari BUMNag sendiri di bidang pemberdayaan Pasar di Kenagarian Lubuk Malako. Berdasarkan Perpres No. 112 Tahun 2007 tentang penataan dan pembinanaan pasar tradisional pusat perbelanjaan dan toko modern. Berjalannya fungsi BUMNag ini dilakukan melalui beberapa perencanaan, dalam penelitian ini penulis akan membatasinya dengan 2 permasalahan yaitu, Pertama bagaimana mekanisme dan fungsi dari BUMNag Madani itu sendiri. Kedua permasalahan ini akan diterangkan dengan jelas nantinya pada hasil penelitian . Penelitian yang dilakukan di BUMNag Madani Lubuk Malako ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, presepsi, motivasi, tindakan, dll. suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi serta dari arsip arsip yang penulis temukan selama melakukan penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwasanya. Pertama, lembaga yang melayani kebutuhan ekonomi dan pelayanan umum. Langkah yang dilakukan oleh BUMNag Madani beserta pemerintah nagari adalah perbaikan berupa sarana prasarana, jalan dan perubahan tata kelola pasar. Kedua lembaga yang mampu menggali dan memanfaatkan potensi usaha ekonomi untuk mengingatkan pendapatan asli desa adalah dengan cara pemberian tempat tempat usaha berupa kiost, los, lapak dan parkiran Ketiga, lembaga komersil yang membukan ruang lebih luas kepada masayrakat untuk meningkatkan penghasilan. BUMNag Madani mengupayakan hal tersebut dengan membukan lowongan pekerjaan baik itu untuk orang umum dan kaum difabel. Pekerjaan yang dibuka ini juga dapat berupa tukang parkir, kebersihan dan penjaga pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, kesejahteraan,BUMNAG Madani
Subjects: D History General and Old World > DA Great Britain
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:58
Last Modified: 12 Oct 2023 08:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17811

Actions (login required)

View Item View Item