Pengaruh Strategi Qishah Berbantuan Media Poster terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTsN 10 Agam

Rinis, Rinis (2023) Pengaruh Strategi Qishah Berbantuan Media Poster terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTsN 10 Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover s/d Daftar isi)
Rinis_1814010051_Cover Dan Lain-lain.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text (Bab I)
Rinis_1814010051_BAB I.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (Bab III)
Rinis_1814010051_BAB III.pdf - Published Version

Download (507kB)
[img] Text (Bab V dan Daftar Pustaka)
Rinis_1814010051_BAB V Dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text (Rinis 1814010051 Skripsi Fulltext)
Rinis_1814010051_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Pengaruh Strategi Qishah Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTsN 10 Agam, ditulis oleh Rinis NIM 1814010051 Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Rendahnya hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTsN 10 Agam Tahun 2022/2023 merupakan hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Sebagian besar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah menggunakan strategi qishah berbantuan media poster. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi qishah berbantuan media poster pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTsN 10 Agam (2) Untuk mengetahui hasil belajar pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTsN 10 Agam (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi qishah berbantuan media poster terha dap hasil belajar pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTsN 10 Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di MTsN 10 Agam. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling, yaitu penentuan sampel dengan cara acak sederhana. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII.1 dan kelas kontrol adalah kelas VII.4. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas eksperimen diperoleh rata-rata 87,5 dan kelas kontrol 70,00 dengan nilai tertinggi kelas eksperimen 100 dan nilai tertinggi kelas kontrol 90, sedangkan nilai terendah pada kelas eksperimen 65 dan kelas kontrol 40. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh signifikan α dalam dua arah atau signifikan (2-tailed) sebesar = 0,000, maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Hal ini berarti H_0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan dengan strategi qishah ditolak dan H_α diterima, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan ketika penggunaan strategi qishah dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTsN 10 Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Qishah, Hasil Belajar, Media Poster, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:29
Last Modified: 30 Jan 2024 04:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17809

Actions (login required)

View Item View Item