PROBLEMATIKA PASANGAN SUAMI ISTRI INFERTILITAS DI KECAMATAN BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS

HASIBUAN, RIZKI ANNUR (2023) PROBLEMATIKA PASANGAN SUAMI ISTRI INFERTILITAS DI KECAMATAN BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Annur Rizki Hasibuan NIM 1812020021. COVER, PERNYATAAN, PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI)
Annu Rizki Hasibuan_1812020021_COVER, PERNYATAAN,PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABASTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text (ANNUR RIZKI HASIBUAN NIM 1812020021. BAB I)
Annur Rizki Hasibuan_1812020021_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text (ANNUR RIZKI HASIBUAN NIM 1812020021. BAB III)
Annur Rizki Hasibuan_1812020021_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text (ANNUR RIZKI HASIBUAN NIM 1812020021. BAB V- DAFTAR PUSTAKA)
Annur Rizki Hasibuan_1812020021_BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text (ANNUR RIZKI HASIBUAN NIM 1812020021. FULL TEKS)
Annur Rizki Hasibuan_1812020021_FULL TEKS 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Problematika Pasangan Suami Istri Infertilitas di Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas” disusun oleh Annur Rizki Hasibuan, NIM 1812020021, Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Masalah infertilitas sampai saat ini menjadi masalah kesehatan yang belum bisa teratasi semuanya. Ketidakhadiran anak dalam pernikahan pada waktu yang lama akan menjadi masalah, bahkan dapat mengancam keutuhan dalam berumah tangga. Sedangkan tujuan utama dilakukannya pernikahan, yaitu untuk mendapatkan keturunan. Banyak suami istri yang infertilitas datang konsultasi ke rumah sakit. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang problematika pasangan suami istri infertilitas Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahui problematika internal dan eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah pasangan suami istri yang infertilitas. Pengambilan sampel penelitian ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh 6 pasangan. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) problematika internal pasangan suami istri infertilitas terkait dengan fisik dan psikis dan spiritual. Secara fisik merasa bahwa kegemukannya menjadi penyebab tidak bisa mempunyai anak. Secara psikis, informan merasa ada yang kurang dalam berumah tangga. Seperti muncul kekhawatiran suami selingkuh, sedih dan takut kesepian di masa tuanya nanti dan secara spritual informan menganggap Allah tidak adil dan; (2) problematika eksternal pasangan suami istri infertilitas meliputi keluarga, teman dan masyarakat. Secara keluarga, orang tua membanding-bandingkan mereka dengan anak atau orang lain yang sudah memiliki keturunan, dalam pertemanan, minder bertemu. Dalam masyarakat, mereka mudah tersinggung/sensitif jika ada yang membahas tentang keturunan disekitar mereka, dan merasa minder.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROBLEMATIKA, INFERTILITAS, SUAMI ISTRI
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:36
Last Modified: 12 Oct 2023 08:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17808

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item