PENGEMBANGAN E-LKPD MERDEKA BELAJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Sefriani, Doli (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD MERDEKA BELAJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI DOLI SEFRIANI.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (621kB)
[img] Text (BAB V- DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAPUS.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Doli Sefriani, NIM. 191408001 Pengembangan E-LKPD merdeka belajar berbasis project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Skripsi : Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi karena kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik disebabkan oleh proses pembelajaran yang berlangsung kurang mendorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Selain itu dalam proses pembelajaran pendidik lebih cendrung pada pencapaian target materi kurikulum, yang artinya memetingkan penghafalan konseo dari pada pemahaman materi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan menghasilkan E-LKPD merdeka belajar berbasis project based learning (PjBL), karena dengan adanya E-LKPD PjBL peserta didik akan dituntut untuk berpikir kritis terhada project yang akan dibuat. Tujuan penelitian yaitu menjelaskan tahapan pengembangan dan kualitas produk E-LKPD merdeka belajar berbasis project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan Research & Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development prototype phase), dan tahap penilaian (assesment phase). Ketiga tahap ini dilakukan untuk menghasilkan produk yang valid dan praktis. Pada aspek validitas diukur dengan cara memberikan angket kepada satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa dan satu dosen ahli materi atau isi. Pada aspek praktikalitas diukur dengan cara memberikan angket kepada 1 pendidik dan 20 peserta didik MAN 1 Solok Selatan dan 2 orang observer. Semua data validitas dan praktikalitas yang diperoleh dari angket diolah dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD merdeka belajar berbasis project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik baik dari segi materi, media, dan bahasa dengan nilai rata-rata 87,6% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan E-LKPD merdeka belajar berbasis project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik mempunyai nilai rata-rata 93% kategori sangat praktis dan hasil 2 observer yaitu 75% dengan kategori Good Agreement. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik. Kata kunci : E-LKPD Merdeka Belajar, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD Merdeka Belajar, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 10 Dec 2023 08:24
Last Modified: 10 Dec 2023 08:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17805

Actions (login required)

View Item View Item