Upaya Ninik Mamak Dalam Menanggulangi Nikah Hamil (Studi Kasus di Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh kota)

Jhoyefitri, Richy (2023) Upaya Ninik Mamak Dalam Menanggulangi Nikah Hamil (Studi Kasus di Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh kota). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover-Daftar Isi Richy Jhoyefitri 1913010137)
cover-daftar isi yang baru.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi BAB I Richy Jhoyefitri 1913010137)
BAB 1 skripsi Richy Jhoyefitri 1913010137.pdf - Published Version

Download (813kB)
[img] Text (Skripsi BAB III Richy Jhoyefitri 1913010137)
BAB III skripsi Richy Jhoyefitri 1913010137.pdf - Published Version

Download (686kB)
[img] Text (Skripsi BAB V-Dapus Richy Jhoyefitri 1913010137)
BAB V-Daftar Pustaka baruu.pdf - Published Version

Download (455kB)
[img] Text (Skripsi Full Text Richy Jhoyefitri 1913010137)
Skripsi Full Text Richy yg baru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Perbuatan suami istri di luar perkawinan (Jima’) atau yang biasa disebut zina, merupakan suatu perbuatan pelanggaran yang sangat berat, dimana akibatnya adalah tercorengnya nama baik keluarga dan msyarakat. Yang lebih parahnya lagi kasus hamil di luar nikah ini tercorengnya nama baik ninik mamak selaku pemimpin nagari tersebut. Di Kenagarian Taram sendiri telah banyak terjadi kasus Nikah Hamil yang sudah tercatat di Kantor Kerapatan Adat Nagari, dan masih memungkinkan untuk kasus-kasus yang serupa masih ada kasus yang belum tercatat bahkan masih ada beberapa perbuatan-perbuatan dari hubungan di luar nikah ini masih belum diketahui. Dalam hal ini bagaimanam upaya ninik mamak dalam menanggulangi nikah hamil di Nagari Taram ini. Pertanyaan penelitian: (1) Bagaimana upaya ninik mamak dalam menanggulangi nikah hamil di Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota? (2) Apa kendala ninik mamak dalam menghadapi maraknya nikah hamil di Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota?. Untuk menjawab pertanyaan penelitian ini penulis menggunakan penelitian empiris. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) upaya ninik mamak dalam menanggulangi nikah hamil ini yaitu menjaga keponakannya, agar tidak terjadi pergaulan bebas, memberikan saran terkhusus kepada orang tua, untuk mengawasi anaknya terkhusus anak-anak yang menginjak masa remaja., memberikan arahan kepada orang tua agar para anak mereka ini diberikan pengajaran mengenai agama. (2) Kendala ninik mamak dalam mengahadapi nikah hamil yaitu mengenai pencarian informasi terkait siapa saja yang melakukan nikah hamil ini. Lalu selain itu ada kendala dari faktor internal yaitu dari diri remaja itu sendiri yang tidak mengetahui tentang kesehatan reproduksi. Dan ada faktor eksternal yaitu pergaulan bebas, atau teman yang tidak membawa dampak positif merupakan suatu kendala juga untuk ninik mamak ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nikah hamil, ninik mamak.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:14
Last Modified: 12 Oct 2023 07:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17781

Actions (login required)

View Item View Item