Pengaruh Minat, Motivasi Belajar dan Nilai Mata Kuliah Prayarat Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Matematika ( Studi pada Mata Kuliah Statistika Deskriptif

Putri, Rani kurnia (2023) Pengaruh Minat, Motivasi Belajar dan Nilai Mata Kuliah Prayarat Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Matematika ( Studi pada Mata Kuliah Statistika Deskriptif. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover, Persetujuan, Pengesahan, Daftar isi)
Rani Kurnia Putri. NIM 1917010010. Cover.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
Rani Kurnia Putri. NIM 1917010010. BAB I.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (BAB III)
Rani Kurnia Putri. NIM 1917010010. BAB III.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (BAB V)
Rani Kurnia Putri. NIM 1917010010. BAB V.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Fulltext)
Rani Kurnia Putri. NIM 1917010010. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu indikator untuk melihat peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah prestasi belajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Minat belajar dan motivasi belajar merupakan faktor internal, sedangkan nilai mata kuliah prasyarat merupakan faktor eksternal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh minat, motivasi belajar dan nilai mata kuliah prasyarat terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi matematika (studi pada mata kuliah statistika deskriptif). Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa program studi matematika sebanyak 90 mahasiswa dan sampel yang diambil adalah 74 mahasiswa. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif data dan analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh model regresi Y=23.178+0.693 X_1+0.386 X_2+0.171 X_3. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah variabel minat belajar, motivasi belajar dan nilai mata kuliah prasyarat secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap variabel prestasi belajar dengan hasil uji simultan (uji F) yaitu membandingkan nilai F_hitung dan F_tabel. Nilai F_hitung>F_tabel adalah sebesar 23.815 > 2.74. Variabel minat belajar, motivasi belajar dan nilai mata kuliah prasyarat terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi matematika memiliki kontribusi sebesar 0.505 atau sekitar 50.5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh minat, motivasi belajar dan nilai mata kuliah prasyarat terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi matematika (studi pada mata kuliah statistika deskriptif).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, motivasi belajar, nilai mata kuliah prasyara prestasi belajar, dan analisis regresi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Prodi Matematika
Depositing User: Ratnawita Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 12 Oct 2023 05:17
Last Modified: 12 Oct 2023 05:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17757

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item