Penerapan Model Pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) Untuk Melihat Kemampuan Pemahaman Konsep dan Self-Confidence Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 31 Padang.

Yanti, Susi Pitri (2023) Penerapan Model Pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) Untuk Melihat Kemampuan Pemahaman Konsep dan Self-Confidence Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI SUSI.pdf - Published Version

Download (628kB)
[img] Text (BAB I)
Susi Pitri Yanti, 1914040050, BAB I.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (BAB III)
Susi Pitri Yanti, 1914040050, BAB III.pdf - Published Version

Download (978kB)
[img] Text (BAB V)
Susi Pitri Yanti, 1914040050, BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Full Text)
Susi Pitri Yanti (1914040050)Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan Self Confidence peserta didik SMP N 31 Padang. Adapun usaha yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI). Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instructions (CMI) dan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori, selain itu juga 2) untuk mengetahui self confidence peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instructions (CMI) dan yang diajar dengan menggunakan model ekspositori. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 31 Padang sebanyak 249 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dan sampel yang terpilih adalah kelas VIII. B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII. D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan merupakan tes matematika kemampuan pemahaman konsep dan angket Self Confidence peserta didik. Teknik analisis data tes akhir menggunakan Uji-t dan angket menggunakan derajat pencapaian. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen 75,86 dan kelas kontrol adalah 67,86. Setelah itu dilakukan uji hipotesis menggunakan Uji-t dengan α=0,05 pada selang kepercayaan 95% diperoleh t_hitung (2,42) > t_tabel (1,66) maka keputusannya H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dengan demikian kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep yang diajar menggunakan model ekspositori. Persentase self confidence peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CMI pada kelas eksperimen adalah 80,10% dengan kriteria baik dan menggunakan model ekspositori pada kelas kontrol 74,86% dengan kriteria cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Comprehensive Mathematics Instruction (CMI), Pemahaman Konsep, Self Confidence
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:59
Last Modified: 19 Jan 2024 08:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17719

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item