Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Peserta Didik Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Adzkia Padang

Azhari, Arif (2023) Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Peserta Didik Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Adzkia Padang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER dan lain lain)
Arif Azhari nim 1714010088 cover.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
Arif Azhari nim 1714010088 BAB I.pdf - Published Version

Download (726kB)
[img] Text (BAB III)
Arif Azhari nim 1714010088 BAB III.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (BAB V)
Arif Azhari nim 1714010088 BAB V.pdf - Published Version

Download (630kB)
[img] Text (Full Text)
Arif Azhari nim 1714010088 full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa hal. Untuk memasuki SMPIT Adzkia Padang tidak harus memiliki banyak hafalan Al-Quran. akan tetapi, lebih diutamakan peserta didik yang baik dan benar hafalan Al-Qurannya. Di SMPIT Adzkia Padang khususnya pada kelas VIII, ada banyak upaya yang dilakukan oleh guru tahfid dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran peserta didik salahsatunya guru mengajar dengan menngunakan berbagai macam metode diantaranya, talaqqi, takrir (mengulang-ulang hafalan), tahfidz bin nazdzar (Menghafal dengan melihat mushaf), dan tasmi (mensengarkan hafalan kepada teman) dan lain-lain. Disekolah formal atau swasta, mengenalkan Al-Quran pada peserta didik, mengajarinya membaca, dan menghafal menjadi tanggung jawab guru. Oleh karena itu, untuk dapat memenuhi tugasnya sebagai seorang guru dalam memberikan bimbingan, maka guru tentunya harus melakukan berbagai upaya atau usaha sebab keberhasilan peserta didik dalam menghafal tergantung dari usaha-usaha yang dilakukan guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran peserta didik di SMP IT Adzkia Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru tahfidz yang mengajar di SMP IT Adzkia Padang. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami, kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa upaya yang dilakukan guru tahfidz di SMP IT Adzkia Padang dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran peserta didik adalah memberik motivasi kepada peserta didik, menggunakan metode yang bervariasi, memberi tugas dan hukuman serta membimbing peserta didik untuk tetap murajaah. Adapun hambatan-hambatan yang dihadapi Guru Tahfidz di SMP IT Adzkia Padang dalam upaya meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran peserta didik yaitu: adanya beberapa peserta didik yang belum lancar membaca Al-Quran dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Menghafal Al-Quran SMPIT Adzkia.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 12:18
Last Modified: 16 Oct 2023 12:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17708

Actions (login required)

View Item View Item