ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUBUNG

Siregar, Irpan Tajuddin (2023) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUBUNG. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: Tadris: Tadris IPS.

[img] Text (Cover)
Irpan Tajuddin Siregar 1914090096 Cover (2).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Irpan Tajuddin Siregar 1914090096 BAB I.pdf - Published Version

Download (667kB)
[img] Text (BAB III)
Irpan Tajuddin Siregar 1914090096 BAB III.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (BAB V)
Irpan Tajuddin Siregar 1914090096 BAB V.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Irpan Tajuddin Siregar 1914090096 Fulltext Skripsi.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skirpsi ini berjudul “Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kubung” ditulis oleh Irpan Tajuddin Siregar NIM. 1914090096 Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa penulis ingin melihat sejauh mana guru menggunakan model pembelajaran discovery learning di dalam proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana bentuk RPP, Pelaksanaan, Kelebihan dan Kekurangan pelaksanaan model pembelajaran discovery learning didalam proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber datanya adalah data primer yaitu peserta didik, guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, dan kepala sekolah SMP Negeri 1 Kubung, dan data sekunder yaitu dokumen-dokumen yang terkait dengan fokus penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : Pertama, RPP yang telah disusun oleh guru sudah dimuat di dalamnya pendekatan pembelajarannya menggunakan model pembelajaran discovery learning. RPP ini sudah tersusun langkah-langkahnya mulai dari kegiatan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti sampai kegiatan penutup. Kedua, Pelaksanaan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sudah laksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya. Ketiga, di SMP Negeri 1 Kubung pelaksanaan evaluasi model pembelajaran Discovery Learning dilakukan dengan mempertimbangkan tiga aspek, yang pertama yaitu aspek Kognitif yang dinilai melalui kecepatan peserta didik dalam menemukan pasangan kartu, dan nilai tugas yang diberikan. Yang kedua aspek Afektif dari kesopanan, kedisiplinan, tanggung jawab, kerja sama dan saling menghargai antar sesama. Yang terakhir yaitu aspek psikomotorik yang dinilai dari penyampaian materi pada saat melakukan presentasi di depan kelas, keterampilan mengkomunikasikan, penggunaan bahasa yang bagus, dan kontribusi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Discovery Learning.
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:47
Last Modified: 16 Oct 2023 02:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17676

Actions (login required)

View Item View Item