Pelaksanaan Home Visit dalam Penyelesaian Masalah Kemalasan Mengaji Anak-anak di Nagari Sungai Tunu Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan

Wenpa, Sulaini wenpa (2023) Pelaksanaan Home Visit dalam Penyelesaian Masalah Kemalasan Mengaji Anak-anak di Nagari Sungai Tunu Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas dakwah dan ilmu komunikasi.

[img] Text (Cover, surat keaslian, persetujuan pembimbing, pengesahan, kata pengantar, abstrak, daftar isi)
Wenpa Sulaini. Nim 1912020115.Cover-daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Wenpa Sulaini. Nim 1912020115. BAB 1.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text (Bab III)
Wenpa Sulaini. Nim 1912020115. BAB 3.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (BAB V Dan daftar pustaka)
Wenpa Sulaini.Nim 1912020115.BAB 5.pdf

Download (442kB)
[img] Text (Bab V dan daftar pustaka)
Wenpa Sulaini. Nim 1912020215.Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Full teks)
Wenpa Sulaini. Nim 1912020215.Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Pelaksanaan Home Visit dalam Penyelesaian Masalah Kemalasan Mengaji Anak-anak di Nagari Sungai Tunu Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan" disusun oleh Wenpa Sulaini, NIM: 1912020115, Jurusan Bimbingan Konseling Islam. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Belajar mengaji bagi anak adalah sebuah kewajiban. Bagi sebagian anak mengaji adalah sebuah kegiatan membosankan dan sulit dipahami, di Nagari Sungai Tunu, ada anak yang menunjukkan kemalasan, seperti pulang lebih awal, dan mengaji sudah lama belum lancar bacaannya. Salah satu program yang dilakukan oleh TPQ terhadap anak yang malas, dengan home visit. Pada umumnya setelah dilaksanakan home visit anak yang malas, terlihat mulai rajin mengaji. Peneliti ingin melihat lebih detail dan komprehensif tentang pelaksanaan home visit yang dilakukan oleh guru mengaji. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif, yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini guru, orang tua, dan anak mengaji. Subjek penelitian ditetapkan dengan teknik focus group discussion, dilakukan untuk guru mengaji dan teknik sampling snowball di tujukan untuk orang tua beserta anak mengaji. Temuan penelitian menunjukkan, bahwa; pada tahap perencanaan home visit belum secara tertulis, biasanya dibahas dalam pertemuan bersama yang berlangsung secara insidentil (pertemuan dilakukan jika ada anak yang melanggar peraturan). Untuk menetapkan anak yang dilakukan home visit dilihat dari beberapa kriteria, pertama dilihat dari kehadiran anak, kedua dari cara anak belajar, dan terakhir hasil yang didapat setelah anak belajar; 2) pada tahap pelaksanaan home visit, umumnya guru mengaji melakukan tiga tahapan, a) tahap pendahuluan, dengan mengucapkan salam, menanyakan kabar orang tua, memberi tahu orang tua tentang maksud dan tujuan, b) kegiatan inti, membahas permasalahan anak dan menemukan solusi terbaik, c) kegiatan penutup berisi kesimpulan beserta saran, di iringi dengan komitmen dengan orang tua; dan 3) pada tahap evaluasi, dari segi proses terlihat orang tua terlibat secara aktif. Terkait dengan hasil pada umumnya anak yang telah dikunjungi home visit rajin kembali mengaji dan datang tepat waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Home Visit,Penyelesaian Masalah, Kemalasan
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 12 Oct 2023 05:07
Last Modified: 12 Oct 2023 05:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17673

Actions (login required)

View Item View Item