Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Negeri 16 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Bar

Khoiro, Ainil (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Negeri 16 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Bar. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Bab I)
BAB I SKRIPSI WT.pdf - Published Version

Download (637kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III SKRIPSI WT.pdf - Published Version

Download (686kB)
[img] Text (Bab V & Daftar Pustaka)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA WT.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (Cover)
Cover Ainil Khoiro.pdf - Published Version

Download (824kB)
[img] Text
AinilFullTeksSkirpsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika peserta didik yang masih rendah. Hal tersebut terlihat ketika observasi dan wawancara peneliti di SD Negeri 16 Sungai Aur dapat diketahui bahwa nilai ulangan harian peserta didik mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal, kemudian yang menjadi permasalahan terlihat dari sisi pendidik yang kurang terampil dalam menggunakan model pembelajaran, adapun permasalahan dari peserta didik itu sendiri adalah menganggap pelajaran matematika itu sulit, akibatnya peserta didik tidak serius atau bosan ketika pembelajaran berlangsung. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperati tipe pair check dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair check untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas III SD Negeri 16 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment). dengan desain penelitian pretest-posttest control gruop desain. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III A dan kelas III B sebanyak 36 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis/ n-gain menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 79,44 dan kelas kontrol 65,56. Berdasarkan hasil output-t test: levene’s test for equality of variances adalah sebesar 0,003< 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa varians data N-Gain untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berarti Ho yang berbunyi tidak terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe pair check dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pair Check, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:27
Last Modified: 31 Jan 2024 08:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17672

Actions (login required)

View Item View Item