Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Terhadap Ojek Online Perspektif Mashlahah Mursalah (Studi Kasus Satlantas Polresta Padang)

Rambe, Maddayan (2023) Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Terhadap Ojek Online Perspektif Mashlahah Mursalah (Studi Kasus Satlantas Polresta Padang). Skripsi thesis, SYARIAH.

[img] Text (COVER)
COVER_merged.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
ful skripsi daya.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah seiring dengan adanya dinamika kemajuan teknologi yang dimanfaatkan dalam bidang transportasi. Sehingga muncul transportasi online yang menggunakan aplkasi GPS dalam penunjuk arah dengan menggunakan media handphone. Dengan demikian akan berpengaruh terhadap fokus dalam berlalu lintas yang berakibat pada kecelakaan lalu lintas. Kemudian dikaitkan dengan mashlahah mursalah terhadap penepan aturan dilarang menggunakan handphone saat berkendara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan terhadap ojek online dan tinjauan mashlahah mursalah dalam implentasi Undang- Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan terhadap ojek online dalam kemajuan teknologi. Dengan pertanyaan penelitian, pertama, bagaimana implementasi dari Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan terhadap ojek online. Kedua, tinjauan mashlahah mursalah dalam implentasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan terhadap ojek online dalam kemajuan teknologi. Untuk menjawab persoalan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Selanjutnya, untuk menjawab pertanyaan penelitian data di analisis dengan analisis deskriptif kualitatif, artinya menjabarkan dan menggambarkan secara jelas mengenai implementasi dari Pasal 106 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam kemajuan teknologi serta ditinjau dalam mashlahah mursalah. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa implementasi Pasaal 106 tersebut telah dijalankan oleh pihak kepolisian, meskipun diberikan tindakan serta teguran bagi pelanggar, namun tidak merubah kebiasaan dari pengendara untuk tidak menggunakan handphone saat berkendara. Ditinjau dalam mashlahah mursalah bahwa kemashlahatan untuk umum lebih diutamakan. Tindakan yang dilakukan oleh pihak kepolsian adalah untuk menjaga keselamatan pengendara serta orang yang menggnakan jasa pengendara tersebut. Kata kunci: Implementasi, Mashlahah Mursalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Mashlahah Mursalah
Subjects: U Umum (General) > Hukum
Divisions: Fakultas Syariah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:24
Last Modified: 12 Oct 2023 08:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17643

Actions (login required)

View Item View Item