Syafrijal, Azizah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbatuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Pada Kelas VIII. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (895kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (532kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (725kB) |
|
Text (BAB I-V FULL TEXT)
BAB I-V FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penulisan tesis ini dilatar belakangi oleh berkembangnya teknologi di bidang model pembelajaran melahirkan berbagai macam model pembelajaran e-learning. Pembelajaran yang masih terpusat pada pendidik, serta kemandirian belajar yang masih minim, menimbulkan rendah hasil belajar PAI peserta didik kelas VIII SMP Negeri 26 Padang tahun ajaran 2022/2023. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran hybrid learning berbantuan google classroom. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu: (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajarkan dengan model hybrid learning berbantuan google classroom dan konvesional (2) Apakah terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran hybrid learning berbantuan google classroom terhadap hasil belajar ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan model hybrid learning berbantuan google classroom dan model konvesioanal untuk peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi (4) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan hybrid learning berbantuan google classroom dan model konvesional untuk peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (true experimental research) jenis treatment by level 2x2 design dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design dengan anova 2 jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah 242 peserta didik kelas VIII SMP N 26 Padang tahun ajaran 2022/2023 semester genap. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling, kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.1 dan kelas kontrol VIII.8. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajarkan dengan model hybrid learning berbantuan google classroom dan konvesional yaitu thitung= 7,706 > ttabel= 1,673 pada signifikan 0,001 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran hybrid learning berbantuan google classroom terhadap hasil belajar ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik yaitu Fhitung= 40.072 > Ftabel= 4.016 pada signifikan 0,001 < 0,05 (3) Terdapat perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan model hybrid learning berbantuan google classroom dan model konvesioanal untuk peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi yaitu thit= 11.442 > dari ttabel= 1.706 pada signifikan 0,001 < 0,05 (4) Terdapat perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan hybrid learning berbantuan google classroom dan model konvesional untuk peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah yaitu thit = 2,883 > ttabel = 1,706 pada signifikan 0,008 < 0,05. Kata Kunci : Model Pembelajaran Hybrid Learning, Kemandirian Belajar,Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Hybrid Learning, Kemandirian Belajar,Hasil Belajar |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pusat Riset Pascasarjana |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 04:25 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 04:25 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17635 |
Actions (login required)
View Item |