Pengaruh Perkembangan E-Commerce Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dengan Pertumbuhan UMKM di Indonesia Sebagai Variabel Intervening Periode 2003-2022

Habibah, Habibah (2023) Pengaruh Perkembangan E-Commerce Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dengan Pertumbuhan UMKM di Indonesia Sebagai Variabel Intervening Periode 2003-2022. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB I)
Habibah. NIM 1916010076. BAB I .pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (BAB III)
Habibah. NIM 1916010076. BAB III.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (BAB V)
DAFTAR PUSTAKA _merged.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (COVER)
Abstrak fix new.pdf - Published Version

Download (376kB)
[img] Text (FULL TEXT)
fix new lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

E-Commerce adalah pemebelian, penjualan dan pemasaran barang serta jasa melalui sistem elektronik. Indonesia mulai memprioritas kan sektor ekonomi digital sebagai salah satu sektor potensial yang dikembangkan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, Bagaimana pengaruh perkembangan e-commerce terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia pada tahun 2003-2022? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh perekmbangan e-commerce terhadap penyerapan tenaga kerja dan umkm. Penelitian in imenggunakan analisis path dengan dibantu variabel-variabel control menggunakan perangkat spss versi. Hasil penelitian mendapatkan bahwa perkembangan e-commerce berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Dengan adanya e-commerce banyak bermunculan umkm dan akhirnya akan membutuhkan tenaga kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran dan dapat menyerap tenaga kerja. Kata Kunci: Perkembangan E-Commerce, Penyerapan Tenaga Kerja, UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan E-Commerce, Penyerapan Tenaga Kerja, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:11
Last Modified: 12 Oct 2023 04:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17626

Actions (login required)

View Item View Item