Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Memilah Sampah Menabung Emas di Bank Sampah Pancadaya Kecamatan Kuranji Kota Padang

Pirdaus, Reza (2023) Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Memilah Sampah Menabung Emas di Bank Sampah Pancadaya Kecamatan Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Reza Pirdaus_1713060113_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Reza Pirdaus_1713060113_BAB I.pdf - Published Version

Download (679kB)
[img] Text (BAB III)
Reza Pirdaus_1713060113_BAB III.pdf - Published Version

Download (418kB)
[img] Text (BAB V & Daftar Pustaka)
Reza Pirdaus_1713060113_BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text (Full Text)
Reza Pirdaus_1713060113_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Program Pemberdayaan Masyarakat dengan konsep Memilah Sampah Menabung Emas merupakan inovasi yang dibangun melalui Bank Sampah Pancadaya hadir sebagai solusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Beranjak dari niat pengurus yang didukung oleh Pemerintah Kota Padang dan PT. Pegadaian (Persero) KC. Kota Padang, memberikan arti bahwa hal ini menjadi strategi yang baik dikembangkan karena memberikan manfaat bagi ekonomi rumah tangga dan lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bentuk pengelolaan Bank Sampah Pancadaya dan dampak program Memilah Sampah Menabung Emas terhadap masyarakat Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Penelitian ini merupakan dari jenis Field Research, dengan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan melalui teknik Model Miles dan Huberman yang menggunakan pola analisis yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi bahwa, Pertama bentuk pengelolaan dari Bank Sampah Pancadaya dapat dilihat dari beberapa tahapan, mulai dari tahap sosialisasi, pembukaan tabungan, pemilihan sampah, penyetoran sampah, penimbangan, pencatatan, pelaporan ke PT. Pegadaian, hingga pencairan dana. Kedua, ekstraksi data menghasilkan informasi bahwa Program Memilah Sampah Menabung Emas di Bank Sampah Pancadaya Kecamatan Kuranji Kota Padang memberikan dampak Ekonomi, Pendidikan, Sosial, dan Lingkungan. Selama program Bank Sampah Pancadaya hadir di lingkungan Kota Padang, terutama bagi masyarakat Kecamatan Kuranji, memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat mulai dari pendapatan nasabah, bantuan pendidikan (beasiswa anak nasabah), meningkatkan interaksi sosial, hingga pengurangan sampah anorganik. Program ini memilki konsep penjualan sampah yang bernilai kepada pengepul dan kemudian disetor kepada PT. Pegadaian sebagai Mitra, dan nasabah mendapatkan nilai tabungan dalam bentuk emas yang tercatat dalam rekening. Nasabah memanfaatkan tabungan dalam bentuk modal usaha, biaya pendidikan anak, biaya untuk hari raya Idulfitri, hingga keperluan lainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Memilah Sampah Menabung Emas, Bank Sampah
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:25
Last Modified: 12 Oct 2023 07:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17607

Actions (login required)

View Item View Item