Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTsN 6 Kota Padang

Darvany, Boby (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTsN 6 Kota Padang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, s/d Daftar isi)
cover, persetujuan, pengesahan,daftar isi.pdf - Published Version

Download (790kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3 .pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB v.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Full text)
Skripsi AsliBoby Darvany NIM 1714010003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Akidah Akhlak yang masih rendah, hal ini berdampak pada hasil belajar peserta didik yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini selanjutnya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif dan inovatif, sehingga membuat peserta didik mudah jenuh dan bosan dalam pembelajaran. Pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar Akidah Akhlak peserta didik di MTsN 6 Kota Padang, penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing di MTsN 6 Kota Padang, pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowball throwing terhadap motivasi belajar peserta didik di MTsN 6 Kota Padang. Rumusan masalahnya adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTsN 6 Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu. Pada penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah peserta didik MTsN 6 Kota Padang Kelas VII 2 dan VII 11 yang terdiri sebanyak 64 Peserta didik Teknik pengumpulan data melalui angket. Pengolahan data uji prasyarat analisis dan uji hipotesis dengan menggunakan Software Microsoft Excel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen meningkat daripada kelas kontrol dalam pembelajaran Akidah Islam dengan perbedaan yang cukup signifikan, jawaban angket motivasi belajar peserta didik pada kelas VII 11 selaku kelas eksperimen menunjukkan nilai tertinggi adalah 165, nilai terendah 105 dan nilai rata-ratanya 143,09 dengan jumlah total 4579 persentase 86,91%. (2) model pembelajaran Snowball Throwing yang peneliti terapkan pada penelitian ini, mampu mengatasi motivasi belajar peserta didik yang rendah. (3) Pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada penelitian ini menujukkan hasil positif dan signifikan, didapatkan hasil uji independent sampel t-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol dengan perolehan nilai 143,09 > 137,06 dengan nilai signifikasi (2-tailed) 0,00049137 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, motivasi belajar,akidah akhlak kelas VII MTsN 6 Kota Padang
Subjects: Agama Islam
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Motivasi Belajar, Dorongan Belajar, Motivasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:11
Last Modified: 16 Oct 2023 07:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17602

Actions (login required)

View Item View Item