Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Konsep Diri Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Kota Padang

Viliani, Reska (2023) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Konsep Diri Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (370kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (666kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V Dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Konsep Diri Remaja Yang Tinggal di Panti Asuhan Kota Padang”. Disusun oleh Reska Viliani, NIM 1912020083, program studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh stigma masyarakat yang mengatakan bahwa remaja yang tinggal di panti asuhan lebih cenderung memiliki konsep diri negatif, hal ini disebabkan karena mereka kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari keluarga dan orang-orang tercintanya. Namun secara teoritis menyatakan bahwa setiap orang dapat mengembangkan konsep diri positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa tinggi konsep diri positif remaja yang tinggal di panti asuhan dengan mengetahui melalui pengaruh layanan bimbingan kelompok yang dilaksanakan oleh pembimbing di panti asuhan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini adalah remaja Panti Asuhan Darul Ma’arif Gunung Pangilun Kota Padang dengan jumlah 45 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala layanan bimbingan kelompok dan skala konsep diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kategorisasi konsep diri oleh remaja panti asuhan Darul Ma’arif adalah tinggi (positif) dengan nilai sebanyak 51,1% dan rendah (negatif) sebanyak 8,9%. 2) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh secara signifikan dalam mengembangkan konsep diri dengan nilai t hitung ˃ t tabel yaitu 3,640 ˃ 0,2940, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun kontribusi layanan bimbingan kelompok terhadap konsep diri remaja yang tinggal di panti asuhan adalah sebesar 54,2% sedangkan sisanya 45,8% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulannya, terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok dengan konsep diri positif remaja yang tinggal di panti asuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan kelompok, konsep diri.
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:33
Last Modified: 12 Oct 2023 01:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17601

Actions (login required)

View Item View Item