Bimbingan Perkawinan Terhadap Pembentukan Keluarga Sakinah Oleh Penyuluh Kantor Urusan Agama di Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar

Azmi, Fikri Hasanul (2023) Bimbingan Perkawinan Terhadap Pembentukan Keluarga Sakinah Oleh Penyuluh Kantor Urusan Agama di Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Skripsi FULL TEXT)
FULL TEXT FIKRI H.A.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
SYARAT 2_merged.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
bab I syarat 3 .pdf - Published Version

Download (800kB)
[img] Text (BAB III)
bab III syarat 4.pdf - Published Version

Download (812kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V SYARAT V.pdf - Published Version

Download (590kB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Fikri Hasanul Azmi NIM:1813010121 yang berjudul Bimbingan Perkawinan Terhadap Pembentukan Keluarga Sakinah oleh Penyuluh Kantor Urusan Agama Di Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan sehari-hari dan penuturan penyuluh KUA beserta tokoh masyarakat, bahwa masih banyak pasangan suami istri atau keluarga di Kecamatan Lintau Buo ini yang belum bisa dikatakan keluarga sakinah. Bimbingan adalah suatu proses berkelanjutan dalam membantu perkembangan seseorang untuk mencapai kemampuan terbaik dalam mengarahkan manfaat yang seutuhnya baik bagi diri sendiri maupun masyarakat (Surya 1979, 25). Berdasarkan wawancara dengan peserta dan penyuluh ditemukan bahwa penyuluh agama dalam melakukan bimbingan belum memiliki panduan seperti SOP, RKL, RKO dan program kerja serta tidak dilaksanakannya evaluasi. Untuk menambah kualitas bimbingan perlu inovasi dan ide-ide baru dari penyuluh, demi terujudnya keluarga sakinah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apa saja kegiatan bimbingan perkawinan terhadap pembentukan keluarga sakinah oleh penyuluh KUA, juga untuk mengetahui faktor pendukung dalam pelaksanaan bimbingan, juga untuk mempelajari kendala dan tantangan yang ditemui oleh penyuluh KUA. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data primer dari penelitian ini adalah tokoh KUA Kecamatan Lintau Buo, tokoh masyarakat, Penyuluh, beberapa pasang suami istri. Data sekunder diperoleh dari buku rujukan, jurnal, dan sumber bacaan yang relevan dengan penelitian ini. Adapun temuan dari penelitian ini adalah bimbingan perkawinan yang dilakukan oleh penyuluh agama Kecamatan Lintau Buo memiliki faktor pendukung yaitu pembimbing yang mumpuni yang berkolaborasi dengan penyuluh dari KUA Kecamatan lain serta mampu menjalin kerja sama dengan dinas sosial. Namun bimbingan perkawinan oleh penyuluh KUA ini memiliki kendala dan tantangan yakni belum adanya pembinaan untuk membuat perangkat program kerja sebagai acuan yang berdampak tidak tercapainya tujuan bimbingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Perkawinan, Penyuluhan, Keluarga Sakinah
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:56
Last Modified: 12 Oct 2023 01:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17597

Actions (login required)

View Item View Item