Implikasi Perdamaian Pasca Putusan Verstek Terhadap Perkawinan Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Putusan PA Nomor 231/Pdt.G/2018/PA.Slk)

Candra, Roki (2023) Implikasi Perdamaian Pasca Putusan Verstek Terhadap Perkawinan Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Putusan PA Nomor 231/Pdt.G/2018/PA.Slk). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (588kB)
[img] Text (Bab 1)
fiks wisuda skripsi Roki Candra bab 1.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (Bab 3)
fiks wisuda skripsi Roki Candra bab 3.pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text (Bab 5)
fiks wisuda skripsi Roki Candra bab 5.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (Fulltext)
Roki Candra 1913010186 full tex.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implikasi Perdamaian Pasca Putusan Verstek Terhadap Perkawinan Perspektif Hukum Islam”(Studi Kasus Putusan PA Nomor 213/Pdt.G/2018/PA.Slk) Ditulis oleh Roki Candra Nim 1913010186 Prodi Hukum Keluarga Fakultas Syari’ah UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya kesepakatan damai setelah putusan. Difokuskan dengan dua pertanyaan penelitian:1) Bagaimana Proses Perdamaian Pasca Putusan Verstek?. 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Perdamaian Para Pihak Setelah Putusan Pengadilan Agama Secara Verstek?. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan analisis isi (Content Analysis) menganalisis data. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dirumuskan dalam bentuk kalimat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1)Proses terjadinya kesepakatan damai para pihak bahwa para pihak datang ke Pengadilan Agama Solok, dan menyatakan keinginan mereka untuk berbaik kembali dan tidak ingin bercerai.Setelah permasalahan tersebut diterima oleh panitera muda hukum, lalu oleh panitera muda hukum diteruskan ke panitera dan selanjutnya oleh panitera diteruskan lagi kepada ketua Pengadilan Agama. 2)Tinjauan hukum Islam terhadap perdamaian para pihak tentang surat pernyataan damai yang dibuat, bahwa surat pernyataan damai para pihak tidak dapat dibenarkan karena hal ini sama saja memberikan peluang bagi para pihak untuk melakukan zina dengan sebab tidak adanya akad nikah baru setelah putusan. Begitu juga ketika ditinjau dari segi hukum acara perdata, maka kesepakatan yang dibuat, tidak dapat dijadikan alasan untuk mengakhiri proses beracara di Pengadilan karena setiap putusan harus diakhiri dengan putusan majelis hakim. Terlebih dalam perkara ini ada suatu asas hukum yang dilanggar yaitu: Res Judicata Pro Veritate Habetur yang artinya “putusan hakim harus dianggap benar”, maksudnya, ia memiliki keterkaitan dengan perbuatan hakim dalam memeriksa dan memutus suatu perkara, yang mana putusan yang djatuhkannya itu harus dianggap benar, apapun isi putusan tersebut. Sampai ada putusan pengadilan lain yang menganulirnya. Kata kunci: Implikasi Perdamaian, Verstek, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implikasi Perdamaian, Verstek, Hukum Islam.
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:22
Last Modified: 13 Oct 2023 04:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17577

Actions (login required)

View Item View Item