PERUBAHAN PERAN AYAH KE IBU DALAM PELAKSANAAN KEWAJIBAN NAFKAH PADA ANAK PASCA PERCERAIAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Nagari Koto Dalam Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatra Barat)

Ramadhan, Fajri (2023) PERUBAHAN PERAN AYAH KE IBU DALAM PELAKSANAAN KEWAJIBAN NAFKAH PADA ANAK PASCA PERCERAIAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Nagari Koto Dalam Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatra Barat). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (FAJRI RAMADHAN_1913010126_ COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, ABSTRAK, DAFTAR ISI)
COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (FAJRI RAMADHAN_1913010126_BAB I)
BAB I_FAJRI RAMADHAN.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (FAJRI RAMADHAN_1913010126_BAB III)
BAB III_FAJRI RAMADHAN.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (FAJRI RAMADHAN_1913010126_BAB VI dan DAFTAR PUSTAKA)
BAB VI dan DAFTAR PUSTAKA FAJRI RAMADHAN.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (FAJRI RAMADHAN_1913010126_SKRIPSI FULLTEXT)
FAJRI RAMADHAN_1913010126_SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Fajri Ramadhan NIM 1913010126 mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Fakultas Syari’ah UIN Imam Bonjol Padang yang berjudul “Perubahan Peran Ayah ke Ibu dalam Pelaksanaan Kewajiban Nafkah pada Anak Pasca Perceraian di Nagari Koto Dalam Ditinjau dari Hukum Islam”. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh Terjadinya kasus perceraian sebanyak 10 kepala keluarga di Nagari Koto Dalam barat, sejak berpisah dari 10 keluarga sebagian besar Bapak jarang atau dikatakan tidak pernah lagi memberikan nafkah kepada anaknya dengan alasan tidak mempunyai uang ataupun tidak bekerja lagi. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana perubahan peran ayah ke ibu dalam pelaksaan kewajiban nafkah pada anak pasca perceraian di Nagari Koto Dalam Barat ditinjau dari Hukum Perkawinan di Indonesia. Adapun pertanyaan penelitian dalam skripsi ini ialah: (1) Bagaimana pelaksanaan kewajiban nafkah pada anak pasca perceraian di Nagari Koto Dalam Barat ? (2) Apa yang melatarbelakangi perubahan peran ayah ke ibu dalam pelaksanaan nafkah pada anak pasca perceraian di Nagari Koto Dalam Barat ? (3) Bagaimana dampak perubahan peran ayah ke ibu dalam pemberian nafkah pada anak di Nagari Koto Dalam Barat ? (4) Bagaimana tinjauan Hukum Perkawinan di Indonesia terhadap perubahan peran ayah ke ibu di Nagari Koto Dalam Barat?. Tujuan penelitian ini mengkaji tentang masalah perubahan peran ayah dan ibu dalam pelaksanaan kewajiban nafkah pada anak pasca perceraian di Nagari Koto Dalam Barat. Metodologi Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Adapun Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengadakan penelitian lapangan dan mencari data-data yang berhubungan dengan yang diteliti. Data sekunder penelitian ini adalah buku dan jurnal yang relevan dengan objek yang diteliti. data primer data yang diperoleh langsung dari lokasi penelitian di Nagari Koto Dalam Barat kepada pihak yang berkaitan dalam pelaksanaan praktik kerjasama. Hasil penelitian yang penulis temukan, 1) Bahwa pelaksanaan pemberian nafkah anak pasca perceraian di Nagari Koto Dalam Barat tidak sesuai dengan Undang-undang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam. 2) Bahwa yang menjadi latar belakang perubahan ayah ke ibu dalam pelaksanaan nafkah pada anak pasca perceraian di Nagari Koto Dalam Barat a) Ayah merasa tidak cukup dari segi ekonomi. b) Ayah sudah memliki keluarga baru . c) Anak tinggal bersama ibu kandungnya. 3) Bahwa dampak dari perubahan peran ayah ke ibu dalam pemberian nafkah pada anak di Nagari Koto Dalam Barat a) kurangnya kebutuhan anak. b) mantan istri kesusahan dalam membiayai anak. 4) Menurut perubahan peran ayah ke ibu di Nagari Koto Dalam Barat tidak sesuai dengan Hukum Islam karena dalam Hukum Islam tersebut tidak membenarkan adanya perubahan peran ayah ke ibu. Kata Kunci : Kewajiban Nafkah; Nagari Koto Dalam Barat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kewajiban Nafkah; Nagari Koto Dalam Barat
Subjects: U Umum (General) > Hukum
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 12 Oct 2023 05:04
Last Modified: 12 Oct 2023 05:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17509

Actions (login required)

View Item View Item