Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul husna terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 09 Penarik Mukomuko Bengkulu

Septiana, Wella (2023) Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul husna terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 09 Penarik Mukomuko Bengkulu. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER SKRIPSI)
COVER SKRIPSI WELLA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I SKRIPSI)
BAB I SKRIPSI WELLA.pdf - Published Version

Download (601kB)
[img] Text (BAB III SKRIPSI)
BAB III skripsi wella.pdf - Published Version

Download (725kB)
[img] Text (BAB V SKRIPSI)
BAB V skripsi wella benar (1).pdf - Published Version

Download (478kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL WELLA)
FULL SKRIPSI WELLA SEPTIANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 09 Penarik Mukomuko Bengkulu” ditulis oleh Wella Septiana NIM 1914070008 jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis peserta didik yang masih rendah. Penggunaan media dalam pembelajaran serta kurangnya respon peserta didik dan kecenderungan menghafal daripada memahami konsep menyebabkan kemampuan berpikir kritis peserta didik masih kurang terlatih. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pada penggunaan media permainan ular tangga terintegrasi asmaul husna dalam pembelajaran Tematik peserta didik kelas V SDN 09 Penarik Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Desain (eksperimen semu). Desain yang digunakan adalah adalah Non-Equaivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V A dan kelas V B sebanyak 40 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas V A dan kelas kontrol adalah kelas V B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 83. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 hasil analisis diperoleh α sig dalam dua sisi atau sig (2-tailed) sebesar = 0,002 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α < 0,05 dan Thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 09 Penarik Mukomuko Bengkulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:29
Last Modified: 01 Feb 2024 07:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17500

Actions (login required)

View Item View Item