Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan pada Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan BRI Syariah di Bursa Efek Indonesia

Rizka, Julia (2023) Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan pada Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan BRI Syariah di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text (Cover- Daftar Isi,Absrak, kata pengantar)
Julia Rizka. NIM 1712030062 Cover dll.pdf - Published Version

Download (792kB)
[img] Text (BAB I)
Julia Rizka. NIM 1712030062 BAB I.pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] Text (BAB III)
Julia Rizka. NIM 1712030062 BAB III.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
Julia Rizka. NIM 1712030062 BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (Fulltext)
Julia Rizka. NIM 1712030062 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian ini didasari atas peranan bank dalam pertumbuhan ekonomi suatu Negara, sehingga bank harus senang tiasa menjaga kepercayaan masyarakat yang telah mempercayakan dana mereka pada bank termasuk perbankan syariah. Dan bank harus menunjukkan kondisi kinerja keuangan yang sehat dan baik, salah satu cara untuk memperlihatkan kondisi keuangan dengan menggunakan analisis rasio keuangan perbankan. Rasio keuangan merupakan teknik yang sering digunakan dalam menganalisis kinerja keuangan karena lebih cepat untuk menganalisanya. Rasio-rasio yang digunakan pada penelitian ini ialah rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio rentabilitas, yang disajikan dari tahun 2018 – 2020 pada Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan BRI Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sumber data pada penelitian ini ialah laporan keuangan dari tahun 2018-2020 pada Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan BRI Syariah. Teknik pengumpulan data dengan analisis dokumen, dokumentasi dan studi pustaka. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis rasio dengan metode time series analysis. Berdasarkan hasil penelitian pada rasio likuiditas, Bank Syariah Mandiri dalam kondisi kurang baik, BNI Syariah juga mengalami kondisi kurang baik dan BRI Syariah juga mengalami kondisi kurang baik. Untuk rasio solvabilitas pada Bank Syariah Mandiri dalam kondisi cukup baik, BNI Syariah juga berada di kondisi cukup baik sedangkan BRI Syariah mengalami kondisi kurang baik. Pada rasio rentabilitas, Bank Syariah Mandiri mengalami kondisi kurang baik, BNI Syariah juga mengalami kondisi kurang baik sedangkan BRI Syariah berada pada kondisi cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasio Keuangan, Bank, Kinerja Keuangan, Perbankan Syariah.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:17
Last Modified: 17 Oct 2023 03:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17489

Actions (login required)

View Item View Item