TEKNIK REINFORCEMENT DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SANTRI MUALLAF DI PANTI ASUHAN DARUL MA’ARIF KOTA PADANG

Ilhami, Vadilla (2023) TEKNIK REINFORCEMENT DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SANTRI MUALLAF DI PANTI ASUHAN DARUL MA’ARIF KOTA PADANG. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (COVER, PERNYATAAN KEASLIAN, PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN PENGUJI, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI)
Vadilla Ilhami_1912020060_Cover, Pernyataan Keaslian, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Penguji, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi .pdf - Published Version

Download (847kB)
[img] Text (BAB I)
Vadilla Ilhami_1912020060_BAB I.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (BAB III)
Vadilla Ilhami_1912020060_BAB III.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (BAB V dan DAFTAR PUSTAKA)
Vadilla Ilhami_1912020060_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Vadilla Ilhami_1912020060_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Teknik Reinforcement dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Santri Mualaf di Panti Asuhan Darul Ma’Arif Kota Padang,” disusun oleh Vadilla Ilhami, NIM 1912020060 pada jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang Tahun 2023. Latar belakang penulisan ini adalah, adanya fenomena atau permasalahan yang akan di bahas yaitu Teknik Reinforcement yang telah dilakukan di Panti Asuhan Darul Ma’Arif Kota Padang oleh konselor sehingga dapat terbentuknya akhlakul karimah yang baik, serta meningkatkan frekuensi akhlak yang positif pada santri muallaf Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang, teknik pemberian reinforcement dalam pembentukan akhlak santri muallaf, tujuan teknik reinforcement yang digunakan dalam pembentukan akhlak santri muallaf, dan prinsip-prinsip penerapan reinforcement dalam pembentukan akhlak santri muallaf. Jenis penelitian, menggunakan metode kualitatif, dan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah enam orang, dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display, dan conlusion (penarikan kesimpulan) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pertama teknik pemberian reinforcement dalam pembentukan akhlak yang diberikan sebagai suatu dorongan atau koreksi berupa verbal maupun non verbal berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori, dan dengan adanya pemberian penguatan (reinforcement) ini dapat membentuk akhlakul karimah pada anak menjadi lebih baik. Kedua tujuan pemberian reinforcement dalam pembentukan akhlak anak mualaf sudah tercapai sesuai dengan teori yang dimana tujuan utama penguatan adalah agar dapat meningkatnya sebuah perilaku yang berkomitmen yang disertai akhlak dalam ajaran Islam. Kata Kunci : Penguatan (Reinforcement), Pembentukan Akhlak, Muallaf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penguatan (Reinforcement), Pembentukan Akhlak, Muallaf
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:55
Last Modified: 12 Oct 2023 04:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17486

Actions (login required)

View Item View Item