STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH KELOMPOK TALAND DALAM MENGELOLA SUMBER MATA AIR BAGI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT JORONG KALAMPAIAN NAGARI PAKAN SINAYAN KECAMATAN BANUHAMPU KABUPATEN AGAM

Afda, Mufti (2023) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH KELOMPOK TALAND DALAM MENGELOLA SUMBER MATA AIR BAGI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT JORONG KALAMPAIAN NAGARI PAKAN SINAYAN KECAMATAN BANUHAMPU KABUPATEN AGAM. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-persetujuan pembimbing-keaslian-pengesahan-abstrak-kata pengantar-Daftar Isi)
COVER-Afda Mufti-1912040015.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I-Afda Mufti-1912040015)
BAB I-Afda Mufti-1912040015.pdf - Published Version

Download (610kB)
[img] Text (BAB III-Afda Mufti-1912040015)
BAB III-Afda Mufti-1912040015.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka-Afda Mufti-1912040015)
BAB V-Afda Mufti-1912040015.pdf - Published Version

Download (891kB)
[img] Text (Full Text-Skripsi-Afda Mufti-1912040015)
Full Text-Skripsi-Afda Mufti-1912040015.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Afda Mufti, Nim 1912040015. Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengelola Sumber Mata Air di Jorong Kalampaian, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam. Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Tahun 2023. Halaman 80 Skripsi ini dilatar belakangi dengan melihat strategi kelompok Taland yang sudah berhasil mengelola sumber air. Semulanya hanya digunakan untuk mandi cuci kakus (MCK). Kini air dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui strategi pemberdayaan terhadap penguatan potensi masyarakat yang dilakukan oleh kelompok Taland melalui pengelolaan sumber mata air. (2) Mengetahui strategi kelompok Taland dalam pemberdayaan perlindungan masyarakat melalui pengelolaan sumber mata air di Jorong Kalampaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informasi dan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kelompok Taland, konsumen air dan masyarakat penerima manfaat terkait hasil pengelolaan sumber mata air. Adapun teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan 2 strategi pemberdayaan yang digunakan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan potensi dan perlindungan dari hasil pengelolaan sumber mata air. Dapat dijabarkan sebagai berikut : (1) Pada strategi penguatan potensi, kelompok Taland melakukan penguatan pengetahuan dengan memberikan pemahaman dalam menggunakan sumber mata air dan menjaga lingkungan. Kemudian dilakukan penguatan kemampuan dengan mempertahankan kualitas dan perawatan sekitar sumber mata air. Selain itu, dilakukannya pengembangan potensi dengan melengkapi fasilitas sehingga dapat mempermudah akses penjualan air. (2) Pada strategi perlindungan yang dilakukan kelompok Taland yakni ditujukan dengan membantu lembaga dari berbagai bidang yaitu pada bidang pendidikan diantaranya kepada mahasiswa baru, PAUD, Pondok Pesantren, dan MDA. Bidang kesehatan dilakukan dengan memberikan layanan peningkatan gizi bagi posyandu lansia dan balita. Bidang sosial kemasyarakatan, merujuk pada organisasi kemasyarakatan seperti PKK, remaja dan majelis ta’lim. Adapun perlindungan dari diskriminasi juga diupayakan dengan menjaga kerukunan antara masyarakat dan konsumen air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemberdayaan, Kelompok Taland
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:14
Last Modified: 12 Oct 2023 08:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17468

Actions (login required)

View Item View Item