Problematika Pasangan Suami Istri di Kelurahan Jaya Mukti Dalam Perspektif Konseling Keluarga

Riski Saptiani, Nur (2023) Problematika Pasangan Suami Istri di Kelurahan Jaya Mukti Dalam Perspektif Konseling Keluarga. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover, Surat Pernyataan, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Nur Riski Saptiani_1812020035_Cover, Surat Pernyataan, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Penguji, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (606kB)
[img] Text (BAB I)
Nur Riski Saptiani_1812020035_BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (BAB III)
Nur Riski Saptiani_1812020035_BAB III.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
Nur Riski Saptiani_1812020035_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Nur Riski Saptiani_1812020035_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini yang berjudul “Problematika Pasangan Suami Istri Di Kelurahan Jaya Mukti Dalam Perspektif Konseling Keluarga” disusun oleh Nur Riski Saptiani, NIM 1812020035, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika rumah tangga yang terjadi pada pasangan suami istri yang usia pernikahan 10 tahun dengan berbagai macam jenis problem yang dihadapi oleh masing-masing pasangan suami istri di Kelurahan Jaya Mukti dalam menjalani kehidupan rumah tangga. Penelitian ini akan mengungkapkan tentang problematika ekonomi, komunikasi, perbedaan prinsip, dan agama pasangan suami istri di Kelurahan Jaya Mukti dalam perspektif konseling keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Sumber data primer pada penelitian ini yaitu suami istri yang memasuki usia pernikahan 10 tahun dan sumber data sekunder yaitu wawancara dengan 7 pasang informan yang ada di Kelurahan Jaya Mukti dan karya ilmiah yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Problematika ekonomi pasangan suami istri di Kelurahan Jaya Mukti dalam perspektif konseling keluarga dapat dilihat dari penghasilan istri lebih besar dibanding penghasilan suami, sehingga suami merasa minder, sensitif dan tertekan. 2) Problematika komunikasi pasangan suami istri di Kelurahan Jaya Mukti dalam perspektif konseling keluarga dapat dilihat dari komunikasi antara suami istri yang tidak baik seperti suami sering berkata kasar kepada istri, sehingga istri merasa sakit hati dan tersinggung. 3) Problematika perbedaan prinsip pasangan suami istri di Kelurahan Jaya Mukti dalam perspektif konseling keluarga dapat dilihat dari perbedaan prinsip seperti halnya suami ingin anaknya masuk ke sekolah umum sedangkan istri ingin anaknya masuk ke pondok pesantren menyebabkan sering terjadi pertengkaran. 4) Problematika agama pasangan suami istri di Kelurahan Jaya Mukti dalam perspektif konseling keluarga dapat dilihat dari suami yang sering meninggalkan sholat 5 waktu, sholat jumat, dan puasa wajib di bulan ramadhan, sehingga istri merasa malu terhadap keluarganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Konseling Keluarga
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:15
Last Modified: 12 Oct 2023 01:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17463

Actions (login required)

View Item View Item