Program & Implementasi Pendayagunaan Zakat Produktif Lembaga Amil Zakat Pertamina Hulu Rokan South Area Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Provinsi Riau

Parmanda, Wahyu Rizky (2023) Program & Implementasi Pendayagunaan Zakat Produktif Lembaga Amil Zakat Pertamina Hulu Rokan South Area Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Provinsi Riau. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Wahyu Rizky Parmanda_Cover_DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (Bab I)
Wahyu Rizky Parmanda_Bab I.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (Bab III)
Wahyu Rizky Parmanda_Bab III.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Bab V)
Wahyu Rizky Parmanda_Bab V.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (Full Text)
Wahyu Rizky Parmanda_1920050003_Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini melatarbelakangi oleh pendistribusian dana zakat yang lebih banyak dilakukan secara konsumtif daripada secara produktif guna memperkaya hakikat dari pendayagunaan zakat untuk membantu, mengurangi, dan mengangkat mustahik dari kesulitan serta penderitaan hidup. Berdasarkan hal tersebut mendorong LAZnas PHR dalam upaya mengurangi kemiskinan melalui program-program pendayagunaan dana zakat bersifat produktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui program dan impelementasi pendayagunaan zakat produktif LAZnas PHR South Area terhadap kesejahteraan masyarakat di Provinsi Riau. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh LAZnas PHR South Area dalam mengimplementasikan program pendayagunaan zakat produktif terhadap kesejahteraan masyarakat di Provinsi Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif analisis. Teknik dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive dan snowball sampling. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Manager Operasional LAZnas PHR, Supervisor, Fasilitator Program dan Mustahik. Proses menganalisa data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Program-program yang dilakukan LAZnas PHR secara jumlah lebih mendominasi program yang bersifat produktif dibanding program yang bersifat konsumtif. Penelitian ini mengkaji pada pengimplementasian pendayagunaan zakat produktif melalui program ekonomi produktif dan program sarana air bersih (clean water project). Implementasinya melalui pembinaan kelompok usaha dengan memberikan bantuan modal usaha kepada mustahik dengan metode kelompok bina usaha. Pembinaan dan pendampingan kewirausahaan tetap dijaga agar dana zakat dapat dimanfaatkan untuk kepentingan usaha. Begitu juga dengan program sarana air bersih, implementasinya dengan membangun sarana air bersih di daerah yang sangat ekstrem dari kekurangan air bersih, bentuk pemberdayaan yang dilakukan berupa pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat yang menerima manfaat sarana air bersih tersebut. Pembinaan dilakukan dengan mengajak masyarakat untuk bertanggung jawab atas bantuan yang diberikan. (2) Kendala yang dihadapi dalam pengimplementasian pendayagunaan zakat produktif ini adalah rendahnya tingkat mental kewirausahaan mustahik serta kemampuan fasilitator di lapangan dalam memberikan fasilitas pembinaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program, Implementasi, Zakat Produktif, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
U Umum (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:18
Last Modified: 04 Jan 2024 03:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17457

Actions (login required)

View Item View Item