Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Menggunakan Strategi Jigsaw Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS 1 di MAN 1 Pasaman

Hayati, Asda (2023) Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Menggunakan Strategi Jigsaw Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS 1 di MAN 1 Pasaman. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (COver)
cover asda hayati (1).pdf - Published Version

Download (826kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 watermark ya.pdf - Published Version

Download (475kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III WATERMARK ya.pdf - Accepted Version

Download (645kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V WATERMAK ya.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT ASDA fix 12 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Menggunakan Strategi Jigsaw Kelas X IPS 1 Di MAN 1 Pasaman” yang ditulis oleh Asda Hayati (NIM. 1914090045) Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya nilai belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah yang diajarkan melalui metode konvensional. penelitian ini bertujuan untuk (1) menerapkan strategi pembelajaran jigsaw , (2) untuk membuktikan hipotesis tindakan untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Sejarah. Metode penelitian menggunakan Clasroom Action Research (PTK) dengan langkah-langkah yaitu, Perencanaan, Tindakan, Pengamatan/Evaluasi dan Refleksi. Pelaksanaan dengan 2 siklus dengan materi Tepori-Teori Masuknya Agama dan Kebudayaan Islam ke Nusantara. Hasil penelitian ini membuktikan (a) bahwa dengan strategi pembelajaran jigsaw sesuai denan langkah-langkahnya yaitu: Pertama siswa dikelompokkan ke dalam 1 sampai 6 orang siswa, Kedua tiap orang dalam tim diberi materi dan tugas yang berbeda, Ketiga tiap orang dalam tim di beri bagian materi yang ditugaskan, Keempat anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka, Kelima setelah selesai diskusi sebagian tim ahli setiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan setiap anggota lainnya mendengarkan dengan seksama, Keenam tiap tim mempresentasikan hasil diskusi tambahan, Ketujuh guru memberi evaluasi, dan penutup. Maka hasil pembelajaran yang di awali dengan penggunaan strategi pembelajaran jigsaw sesuai dengan langkah-langkah diatas dari pendapat Sumanti Aya. Dan (b) hipotesis dapat dibuktikan bahwa hasil belajar pada materi Teori-Teori Masuknya Agama dan Kebudayaan Islam ke Nusantara meningkat mulai dari Pre-Test, Siklus I, Dan Siklus II. Dengan demikian setelah dianalisa, terbukti peningkatan hasil belajar siswa siklus I yaitu 59,03%. Sehingga meningkat menjadi 81% pada siklus II. Penelitian ini membuktikan bahwa hipotesis yang berbunyi ‘’Dengan menggunakan strategi jigsaw dapat meninglatkan hasil beajar siswa pada materi Teori-Teori Masuknya Agama dan Kebudayaan Islam ke Nusantara kelas X IPS 1 di MAN 1 Pasaman’’ diterima. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Jigsaw , Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Jigsaw, Hasil Belajar Belajar,
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:25
Last Modified: 16 Oct 2023 01:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17448

Actions (login required)

View Item View Item