Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Remaja di Panti Asuhan Muhammadiyah Cabang Pauh IX Rawang Ketaping Kota Padang

Yusaf, Hidayatul Fadilah (2023) Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Remaja di Panti Asuhan Muhammadiyah Cabang Pauh IX Rawang Ketaping Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (COVER, SURAT KEASLIAN, PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN TIM PENGUJI, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL)
Hidayatul Fadilah Yusaf_1912020056_Cover, Surat Keaslian, Persetujuan Pembimbing, Penesahan Tim Penguji, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (BAB I)
Hidayatul Fadilah Yusaf_1912020056_BAB I.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (BAB III)
Hidayatul Fadilah Yusaf_1912020056_BAB III.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (BAB V, DAFTAR PUSTAKA)
Hidayatul Fadilah Yusaf_1912020056_BAB V, Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Hidayatul Fadilah Yusaf_1912020056_BAB I-V FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Remaja Di Panti Asuhan Muhammadiyah Cabang Pauh IX Rawang Ketaping Kota Padang”. Disusun oleh Hidayatul Fadilah Yusaf, NIM 1912020056 pada jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang Tahun 2023. Anak asuh di Panti Asuhan Muhammadiyah Cabang Pauh IX Rawang Ketaping sudah disekolahkan, mengaji setiap malam, dididik dengan baik oleh pembimbing di Panti Asuhan. Setelah dilakukan observasi awal, adanya asumsi bahwa remaja enggan untuk menolong serta bekerja sama dengan temannya serta masih acuh terhadap tanggung jawabnya, dan tidak mau berbagi makanan dengan teman. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut dalam judul skripsi “ Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Remaja Di Panti Asuhan Muhammadiyah Cabang Pauh IX Rawang Ketaping Kota Padang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan perilaku prososial remaja di Panti Asuhan Muhammadiyah Rawang Ketaping Kota Padang. Peneliti menggunakan metode action research, yang terdiri dari 3 siklus, yang setiap siklus terdiri dari 5 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan), refleksi, dan evaluasi. Dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik untuk menentukan jumlah responden penelitian dengan jumlah 10 orang. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi, dan angket, dan teknik analisis data dengan menggunakan rumus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap perencanaan pada penelitian sudah berjalan dengan lancar dan sukses. Perilaku prososial pada prasiklus yaitu 6 remaja kategori perilaku prososial rendah, 2 remaja kategori perilaku prososial sedang, dan 2 remaja kategori perilaku prososial tinggi dengan rata-rata 37,5. Tahap pelaksanaan bimbingan kelompok yaitu melaksanakan dengan III siklus, siklus I dengan rata-rata 41,1 dan persentase 20%, anak sudah mulai serius. Siklus II, 2 kali pertemuan dengan rata-rata nilai 45,2 dan persentase 60% . Kemudian dilaksanakan siklus III diperoleh 5 remaja berkategori perilaku prososial sedang, 5 remaja berkategori perilaku prososial tinggi dengan rata-rata 50,7 dan persentase 90%. Setelah pelaksanaan kegiatan dilakukan evaluasi persentase angket siklus III menjadi 90% yang dikategorikan perilaku prososial remaja tinggi. Kata Kunci : Perilaku Prososial, Layanan Bimbingan Kelompok, Remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Prososial, Layanan Bimbingan Kelompok, Remaja
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:43
Last Modified: 12 Oct 2023 04:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17426

Actions (login required)

View Item View Item