Partisipasi Remaja dalam Pelaksanaan Kegiatan Wirid Remaja di Kelurahan Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh

Afifah, Afifah and Kohar, Wakidul and Yanti, Fitra and Fitri, Wanda and Nazirman, Nazirman (2023) Partisipasi Remaja dalam Pelaksanaan Kegiatan Wirid Remaja di Kelurahan Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (COVER DLL)
'Afifah Nim 1812040008 COVER DKK.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
'Afifah Nim 1812040008 BAB I.pdf - Published Version

Download (779kB)
[img] Text (BAB III)
'Afifah Nim 1812040008 BAB III.pdf - Published Version

Download (797kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
'Afifah Nim 1812040008 BAB V- DFTR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (779kB)
[img] Text (FULL TEXT)
'Afifah Nim 1812040008. full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu pertama, peneliti dapat mengetahui dan menganalisis faktor apa yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan wirid remaja di Kelurahan Kubu Gadang. Kedua, peneliti dapat mengetahui dan menganalisis bentuk partisipasi remaja dalam pelaksanaan wirid remaja di Kelurahan Kubu Gadang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lurah, pengurus masjid, remaja, orang tua para remaja di Kelurahan Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pertama, faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan wirid remaja untuk mengikuti kegiatan keagamaan di Kelurahan Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh disebabkan oleh dua faktor yaitu: Faktor pendukung, merupakan faktor yang bersifat ikutserta dalam mendukung suatu kegiatan yang sangat berpengaruh untuk berkembang. Faktor penghambat, merupakan faktor yang sifatnya mengambat jalannya suatu kegiatan. Masing-masing faktor tersebut dibagi dua yaitu internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang timbul dikarenakan diri sendiri berupa kemauan dan kesempatan remaja itu sendiri. Kemudian faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri seperti pengaruh lingkungan sekitar, dukungan orang terdekat dan pengaruh teman sebaya. Kedua, bentuk partisipasi remaja dalam kegiatan wirid remaja berupa partisipasi pemikiran, tenaga, dan pemikiran menjadi faktor yang mempengaruhi keikutsertaan remaja dalam kegiatan wirid remaja di Kelurahan Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Wirid Remaja
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:14
Last Modified: 12 Oct 2023 04:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17414

Actions (login required)

View Item View Item