Peran Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Dalam Pelaksanaan Kursus Pranikah Guna Pencegahan Perceraian (Studi di KUA Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman)

Afriyeni, Susi (2023) Peran Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Dalam Pelaksanaan Kursus Pranikah Guna Pencegahan Perceraian (Studi di KUA Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan, Abstrak, Pengantar, Daftar Isi)
Susi Afriyeni 1913010105 HK- Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Susi Afriyeni 1913010105 HK- BAB I .pdf - Published Version

Download (657kB)
[img] Text (BAB III)
Susi Afriyeni 1913010105 HK- BAB III.pdf - Published Version

Download (637kB)
[img] Text (BAB V)
Susi Afriyeni 1913010105 HK- BAB V.pdf - Published Version

Download (507kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Susi Afriyeni 1913010105 HK- Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) sebagai badan resmi yang bertujuan mempertinggi mutu perkawinan dan pencegahan terjadinya perceraian. Di Kecamatan Sungai Geringging angka perceraian cukup tinggi, dari tahun 2018 sampai 2022 mencatat angka perceraian hingga 37% (tiga puluh tujuh persen) setiap tahunnya. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi pertanyaan penelitiannya adalah : Pertama, upaya apa yang dilakukan Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) KUA Sungai Geringging dalam pelaksanaan kursus pranikah guna pencegahan perceraian. Kedua, apa kendala yang dihadapi Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) KUA Sungai Geringging dalam pelaksanaan kursus pranikah. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut adalah dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh langsung dari hasil observasi dan wawancara dengan pejabat KUA Sungai Geringging. Data sekunder diperoleh peneliti dari kajian pustaka, terdiri dari dokumen, buku-buku dan jurnal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: Pertama, upaya BP4 dalam pelaksanaan kursus pranikah guna pencegahan perceraian yaitu melalui program kursus calon pengantin, pembinaan remaja usia nikah, dan bimbingan konseling keluarga. Kedua, Kendala yang dihadapi BP4 KUA Sungai Geringging dalam pelaksanaan kursus pranikah adalah terbatasnya SDM yang profesional di KUA Sungai Geringging, kurangnya kesadaran dari calon pengantin, terkait izin dengan tempat bekerja calon pengantin, kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk mendatangi Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BP4, Pencegahan Perceraian, Kursus Pranikah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 12 Oct 2023 05:14
Last Modified: 12 Oct 2023 05:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17409

Actions (login required)

View Item View Item