PROBLEMATIKA REMAJA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIDZ AL-QUR’AN AR-RAHMAH KELURAHAN SAWAH LIEK KECAMATAN NANGGALO

Raihanah, Siti Aisyah (2023) PROBLEMATIKA REMAJA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIDZ AL-QUR’AN AR-RAHMAH KELURAHAN SAWAH LIEK KECAMATAN NANGGALO. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (COVER DLL)
SITI AISYAH RAIHANAH COVER DLL.pdf - Published Version

Download (735kB)
[img] Text (BAB I)
SITI AISYAH RAIHANAH BAB I.pdf - Published Version

Download (647kB)
[img] Text (BAB III)
SITI AISYAH RAIHANAH BAB III.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
SITI AISYAH RAIHANAH BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (689kB)
[img] Text (Fulltext)
SITI AISYAH RAIHANAH FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Problematika Remaja dalam Menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Ar-Rahmah Kelurahan Sawah Liek Kecamatan Nanggalo” disusun oleh Siti Aisyah Raihanah Chania, NIM 1812020048, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena adanya berbagai permasalahan yang dihadapi remaja dalam menghafal Al-Qur’an yaitu sukar mengulang hafalan dan lupa ayat yang dihafal sehingga perlu diteliti pada permasalahan terkait bacaan dan kualitas hafalan. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui Problematika remaja penghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Arrahmah Kelurahan Sawah Liek Kecamatan Nanggalo ditinjau dari aspek sukar mengulang hafalan dan lupa ayat yang dihafal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 4 (empat) orang remaja santri yang memiliki permasalahan dalam menghafal Al-Qur’an yang ditetapkan dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data ini adalah Pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa Problematika remaja penghafal Al-Qur'an di Rumah Tahfidz Al-Qur’an Ar-Rahmah Kelurahan Sawah Liat Kecamatan Nanggalo ada dua aspek. Dari aspek sukar mengulang hafalan, ada dua hal yang terpenuhi diantaranya belum sepenuhnya menguasai dan memahami tajwid beserta makhrijul huruf disebabkan kurangnya pemantapan yang dilakukan santri serta kurangnya perhatian oleh ustadzah terhadap bacaan santri, santri di Rumah Tahfidz Al-Qur’an Ar-Rahmah banyak yang terpengaruh modernisasi sehingga santri yang tidak fokus terhadap apa yang lakukan, dan santri juga sering melakukan berganti-ganti mushaf Al-Qur’an. Dari aspek lupa ayat yang dihafal, ada enam hal yang terpenuhi yakni: santri masih tidak konsisten terhadap jadwal sehingga santri sering bolos dalam melakukaan hafalan dirumah, santri tidak mengetahui bahkan memahami shalat hajat sehingga santri tidak melaksanakannya, santri masih larut oleh tipu daya dunia sehingga santri terlupa oleh ayat yang dihafal, serta santri juga sering tergesa-gesa untuk menambah hafalan dalam menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:35
Last Modified: 13 Oct 2023 07:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17408

Actions (login required)

View Item View Item