Representasi Korea Utara Melalui Propaganda pada Channel Youtube Olivia Natasha-Yumi Space DPRK Daily

Efrita, Debi (2023) Representasi Korea Utara Melalui Propaganda pada Channel Youtube Olivia Natasha-Yumi Space DPRK Daily. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (COVER)
COVER-KEORIGINALAN-PERSETUJUAN PEM-PENGESAHAN-ABSTRAK-KATA PENGANTAR-DAFTAR ISI- Debi Efrita-1912010063.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I- Debi Efrita-1912010063.pdf - Published Version

Download (790kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III- Debi Efrita-1912010063 (1).pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V dan DAFTAR PUSTAKA- Debi Efrita-1912010063.pdf - Published Version

Download (508kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT- Skripsi ( Debi Efrita 1912010063).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemunculan Yumi di Youtube dengan nama channel Olivia Natasha-Yumi Space DPRK Daily di klaim sejumlah pakar sebagai propaganda. Pasalnya di dalam channel yang bergaya daily vlog tersebut, tampak Yumi merepresentasikan Korut yang jauh dari anggapan orang selama ini, sebagai negara yang otoriter dan tertutup. Termasuk dalam hal menggunakan Youtube yang sudah di blokir aksesnya sendiri di Korut sejak tahun 2016. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan framing Korea Utara menurut Yumi dalam channel youtubenya, mengidentifikasi jenis serta teknik propaganda yang di gunakan dalam channel Youtube Olivia Natasha Yumi Space DPRK Daily. Penelitian ini menggunakan metode deskriprif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Sehingga penelitian ini hanya mendeskripsikan secara rinci dan mendalam mengenai apa yang digambarkan Yumi dalam videonya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Sumber data penelitian ini terbagi dua yakni Sumber data primer berupa kata-kata, tindakan dan gambar yang terdapat di dalam video Yumi. Adapun sumber data kedua yakni sumber data sekunder berupa buku referensi, jurnal, serta berita di Internet. Adapun teknik analis data menggunakan Analisis Framing model Gamson & Modigliani.serta kekurangan penelitian berupa di take down Channel Youtube Yumi sehingga tidak semua video ada dokumentasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Yumi memframingkan kehidupan Korut sebagai kehidupan yang normal layaknya negara lain di dunia. Serta berada dibawah penguasa yang peduli dengan rakyatnya, jauh dari prasangka negative orang selama ini terhadap Korut yang tertutup dan otoriter. Adapun jenis propaganda yang digunakan yaitu white propaganda, persuasive propaganda dan vertical propaganda. untuk teknik propagandanya sendiri ada 7 teknik yang digunakan yaitu Transfer, Bendwagon technique, Plain Folk, Using All Persuatin, Card Staking, Glittering Generalities dan Reputable Mouthpiece. Namun yang paling banyak digunkan adalah teknik Transfer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Propaganda, Analisis Framing, Korea Utara
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:25
Last Modified: 16 Oct 2023 07:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17387

Actions (login required)

View Item View Item