Pembinaan Remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Nanggalo Padang ditinjau dari Fungsi Bimbingan Konseling Islam

Oktavia, Rani (2023) Pembinaan Remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Nanggalo Padang ditinjau dari Fungsi Bimbingan Konseling Islam. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (cover, pernyataan, pengesahan penguji, persetujuan pembimbing, abstrak, kata pengantar, daftar isi)
cover, pernyataan, pengesahan penguji, persetujuan pembimbing, abstrak, kata pengantar, daftar isi.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (491kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR KEPUSTAKAAN)
BAB V DAN DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembinaan Remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Nanggalo Padang ditinjau dari Fungsi Bimbingan Konseling Islam” yang ditulis pada tahun 2023 oleh Rani Oktavia, Nim 1612020093, mahasiswa Program Strata Satu (SI) Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Panti Asuhan Aisyiyah Nanggalo Padang merupakan salah satu lembaga kesejahteraan sosial yang memiliki tanggung jawab untuk menggantikan peran orang tua dalam upaya mengasuh dan mendidik remaja. Pembinaan terhadap remaja bertujuan agar remaja memiliki akhlak yang baik. Namun, masih banyak remaja yang berperilaku kurang baik, seperti melanggar peraturan panti dan tidak disiplin dalam beribadah. Tujuan penelitian ini, adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk, materi-materi, dan tinjauan Fungsi Bimbingan Konseling Islam dalam pembinaan remaja di Panti Asuhan Aisyiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pembina di Panti Asuhan Aisyiyah Nanggalo Padang, teknik pengambilan sampel dengan Puposive Sampling yaitu 3 orang pembina panti dan 15 orang remaja panti. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil dari penelitian pembinaan remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Nanggalo Padang adalah: (1) Bentuk-bentuk pembinaan yang dilakukan, yaitu: a) Pembinaan fisik seperti: senam pagi dilakukan setiap 2 kali dalam sebulan, pemberian makanan bergizi, dan istirahat dari jam 22.00 sampai 04.45 pagi. b) Pembinaan mental agama seperti: belajar mengaji setiap hari, didikan subuh 2 kali sebulan, wirid remaja 1 kali sebulan. c) Pembinaan bimbingan sosial seperti: menanamkan rasa tanggung jawab, disiplin, dan dapat percaya diri. d) Pembinaan keterampilan seperti: menjahit, membuat taplak meja, membuat bros, belajar memasak, membuat kue, dan latihan rebana. (2) Materi-materi dalam pembinaan remaja adalah: a) Akidah disampaikan saat didikan subuh, materinya: tentang sholat, zakat, dan puasa. b) Syariah materinya: besikap jujur dan bertanggung jawab. c) Ibadah dilakukan dengan praktek saat didikan subuh, seperti: praktek tata cara shalat dan berwudhu yang benar. d) Akhlak disampaikan saat wirid remaja sebulan sekali materinya: menghormati orang yang lebih tua, saling menyayangi, memberi salam, dan bertutur kata sopan. (3) Tinjauan Fungsi Bimbingan Konseling Islam dalam pembinaan remaja, yaitu: a) Fungsi pemahaman, remaja belum memahami dirinya dengan baik. b) Fungsi pemeliharaan, pembina memelihara dan mengembangkan bakat remaja. c) Fungsi pencegahan, pembina memberikan hukuman denda kepada remaja yang tidak disiplin beribadah. d) Fungsi penanganan, panti asuhan belum menyediakan Konselor dalam mengatasi masalah remaja.e) Fungsi advokasi, pembina memberikan hak-hak remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Remaja, tinjauan Fungsi BK
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:16
Last Modified: 13 Oct 2023 08:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17361

Actions (login required)

View Item View Item