Model Inquiring Minds Want to Know pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota

Sefriza, Elshy Ivonila (2023) Model Inquiring Minds Want to Know pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER - DAFTAR ISI ELSHY IVONILA SEFRIZA.pdf - Published Version

Download (630kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I ELSHY IVONILA SEFRIZA.pdf - Published Version

Download (591kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III ELHY IVONILA SEFRIZA.pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (490kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT ELSHY IVONILA SEFRIZA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Judul penelitian ini adalah Model Inquiring Minds Want to Know Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota, ditulis oleh Elshy Ivonila Sefriza dengan NIM.1914090046, Program Studi Tadris IPS, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini berlatar belakang pada pelaksanaan model pembelajaran inquiring minds want to know di SMP Negeri 3 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota yang memiliki kendala saat proses belajar mengajar berlangsung. Pendidik kurang menguasai rancangan kegiatan pembelajaran yang telah disusun, peserta didik merasa kurang termotivasi saat pembelajaran berlangsung, belum menggunakan langkah-langkah yang sesuai dengan model yang digunakan, kurangnya interaksi antara pendidik dan peserta didik yang mengakibatkan pembelajaran kurang dapat dicapai secara optimal, dan sarana dan prasarana kurang memadai. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran inquiring minds want to know di SMP Negeri 3 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran inquiring minds want to know di SMP Negeri 3 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota? 3) Apa kendala dalam penerapan model pembelajaran inquiring minds want to know di SMP Negeri 3 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota?Model pembelajaran inquiring minds want to know merupakan sebuah langkah sederhana yang memiliki tujuan untuk membangkitkan rasa keingintahuan peserta didik dengan meminta mereka untuk meminta perkiraan-perkiraan tentang suatu topik atau suatu pertanyaan yang diberikan oleh pendidik serta dapat merangsang atau menstimulus kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaan pembelajaran inquiring minds want to know di SMP Negeri 3 Kecamatan Guguak sudah direncanakan dengan baik, hanya saja pendidik masih mengalami keterbatasan pengetahuan tentang membuat RPP yang benar dan sesuai dengan kurikulum 2013. 2) Pelaksanaan pembelajaran inquiring minds want to know di SMP Negeri 3 Kecamatan Guguak masih belum maksimal karena beberapa dari peserta didik tidak merespon apa yang ditanya oleh pendidik. 3) Kendala dalam penerapan model pembelajaran inquiring minds want to know di SMP Negeri 3 Kecamatan Guguak adalah yang pertama, model pembelajaran inquiring minds want to know sudah diterapkan di SMP Negeri 3 Kec. Guguak, akan tetapi pendidik masih terkendala rancanngan pelaksanaan pembelajaran (RPP) model pembelajaran tersebut, yang kedua kurangnya respon dari beberapa peserta didik saat ditanay oleh pendidik, yang ketiga media yang digunakan pendidik kurang menarik perhatian peserta didik. Sehingga pendidik harus lebih memahami dan belajar lagi sesuai dengan model yang dipakai. Di sisi lain, kendala yang dihadapi disaat pendidik menerapkan peserta didik yang pendiam hanya diam saja. Kata kunci : pembelajaran IPS, model, inkuiri, inquiring minds want to know

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPS, model, inkuiri, inquiring minds want to know
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:23
Last Modified: 13 Dec 2023 06:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17352

Actions (login required)

View Item View Item