FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERNIKAHAN DINI DI DUSUN TINGGI II KECAMATAN KAMANG BARU KABUPATEN SIJUNJUNG

Sopiani, Neneng (2023) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERNIKAHAN DINI DI DUSUN TINGGI II KECAMATAN KAMANG BARU KABUPATEN SIJUNJUNG. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER, HALAMAN PERSEMBAHAN, SURAT PERNYATAAN, PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN TIM PENGUJI, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR LAMPIRAN)
NENENG SOPIANI. 1912020007. COVER, DLL.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (BAB I)
NENENG SOPIANI. 1912020007. BAB I.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (BAB III)
NENENG SOPIANI. 1912020007. BAB III.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text (BAB V, DAFTAR PUSTAKA)
NENENG SOPIANI. 1912020007. BAB V.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (FULL TEXT)
NENENG SOPIANI. 1912020007. FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Terhadap Pernikahan Dini di Dusun Tinggi II Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung” disususun oleh Neneng Sopiani, NIM. 1912020007, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas (UIN) Imam Bonjol Padang. Di Indonesia tradisi dalam kasus pernikahan dini masih sering terjadi, bahkan beberapa daerah hal tersebut menjadi hal yang lumrah. sebagaimana yang terjadi di dusun tinggi II Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung. Selama ini masyarakat beranggapan dengan menikah akan merubah perekonomian keluarga menjadi lebih baik lagi, padahal dalam kenyataan yang terjadi di lapangan tidak sama yang diinginkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pernikahan dini Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriftip. Subjek penelitian ini 10 orang yang melakukan pernikahan diusia dini, yaitu yang terdiri dari orang yang melakukan pernikahan dini. Informan dipilih menggunakan teknik snow ball yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dan jumlah subjek telah diketahui. Teknik pengumpulan data ini dengan cara observasi dan wawancara. Teknik analisis data ini adalah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data(data display), penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwaada lima faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pernikahan dini di dusun tinggi II. 1) faktor perhatian yang kurang, karena tidak memperhatikan dampak dari pernikahan tersebut seperti, dampak ekonomi dan kesehatan. 2) faktor kesiapan mental dimana informan menilai bahwa mereka sudah siap dan mampu dalam melakukan pernikahan karena sudah bekerja walaupun secara ekonomi dan pendidikan belum cukup.3) faktor kebutuhan untuk menikah masyarakat, mengagap bahwa mereka sudah siap menikah karena secara reproduksi sudah dewasa. 4) faktor system nilai yang menganggap bahwa pernikahan dini suatu kebiasaan yang lumrah dilakukan. 5) faktor tipe kepribadian, khusus untuk faktor ini masyarakat tidak Memahami bahwa faktor kepribadian juga dapat menjadi kebutuhan fisikologis seseorang dalam bekeluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:08
Last Modified: 11 Oct 2023 04:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17350

Actions (login required)

View Item View Item