Peran Keluarga Inti Sebagai Hakam Dalam Penyelesaian Syiqaq Menurut Manajemen Konflik Di Nagari Lubuk Basung Kabupaten Agam

Ihsan, Muhammad (2023) Peran Keluarga Inti Sebagai Hakam Dalam Penyelesaian Syiqaq Menurut Manajemen Konflik Di Nagari Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (COVER, PENGESAHAN DAN ABSTRAK)
COVER, PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (786kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (567kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Keluarga Inti Sebagai Hakam Dalam Penyelesaian Syiqaq Menurut Manajemen Konflik di Nagari Lubuk Basung Kabupaten Agam” Ditulis oleh Muhammad Ihsan NIM 1613010118 Prodi Hukum Keluarga Fakultas Syari’ah UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya syiqaq di Nagari Lubuk Basung yang diselesaikan secara nonlitigasi oleh keluarga inti yang ditunjuk menjadi juru damai (hakam). Penyelesian syiqaq di Nagari Lubuk Basung yang diselesaikan oleh keluarga inti, terdapat lima kasus, tiga kasus diantaranya berhasil diselesaikan secara nonlitigasi oleh keluarga inti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran keluarga inti sebagai hakam dalam penyelesaian syiqaq di Nagari Lubuk Basung Kabupaten Agam dan metode-metode yang dipakai dalam penyelesaiannya. Difokuskan dengan dua pertanyaan penelitian: 1)Bagaimana cara keluarga inti menyelesaikan syiqaq di Nagari Lubuk Basung, Kabupaten Agam? 2)Bagaimana tinjauan manajemen konflik terhadap penyelesaian syiqaq di Nagari Lubuk Basung kabupaten Agam? Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan. Sumber data primer berupa wawancara, dan data sekunder berupa buku-buku, jurnal, peraturan perundang-undangan dan tulisan-tulisan yang relevan dengannya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara serta dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisa data kualitatif, yaitu dengan jalan mengklasifikasikan data-data yang akan dikumpulkan di lapangan berdasarkan persamaan jenis. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan kesimpulan: 1) Cara keluarga inti menyelesaiakan syiqaq di Nagari Lubuk Basung Kabupaten Agam adalah dengan cara memanggil kedua pasangan suami istri yang mengalami syiqaq, kemudian memberikan pandangan-pandangan baik buruknya apabila mereka melakukan perceraian. 2) Tinjauan manajemen konflik terhadap penyelesaian syiqaq di Nagari Lubuk Basung Kabupaten Agam yaitu : sudah sesuai dengan teori manajemen konflik dimana penyelesaian konflik tersebut menggunakan tiga teori manajemen konflik yaitu: compromising, integrating, dan obliging.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Syiqaq(Perselisihan), Juru Damai (Hakam), Manajemen Konflik
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:42
Last Modified: 12 Oct 2023 08:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17340

Actions (login required)

View Item View Item