Melani, Ulfa (2023) Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik di Kelas XI SMA Negeri 2 Pasaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover, persetujuan pembimbing, pengesahan, keaslian skripsi, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran)
cover-daf. lamp.pdf - Published Version Download (540kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (226kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (339kB) |
|
Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V_merged.pdf - Published Version Download (331kB) |
|
Text (Full Text)
Ulfa Melani.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang cara mengatasi rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah seperti menjawab soal fisika dikarenakan peserta didik tidak mengetahui apa yang diketahui di soal, apa yang ditanya, dan bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut. pembelajaran di SMA Negeri 2 Pasaman masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas XI SMA Negeri 2 Pasaman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Randomized Posttest only group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Pasaman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Pasaman pada tahun ajaran 2023/2024. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar tes yang berupa soal essay. Data yang diambil diuji menggunakan uji Hipotesis t-Test Two Sample Assuming Equal Variance. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan pembelajaran PBL untuk KD 3.1 adalah 80,91 dan KD 3.2 82,34 sedangkan dengan pembelajaran konvensional untuk KD 3.1 adalah 73,79 dan KD 3.2 adalah 73,59. Selanjutnya hasil uji t pada penelitian ini diperoleh t-Test : Two Sample Assuming Equal Variance pada KD 3.1 nilai t Stat (thitung) 4,02 > t Critical one-tail (ttabel) 1,67, sedangkan pada KD 3.2 nilai t Stat (thitung) 5,83 > t Critical one-tail (ttabel) 1,67. Sehingga thitung > ttabel, maka sesuai dasar pengambilan keputusan pada uji t-Test : Two Sample Assuming Equal Variance dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas XI SMA Negeri 2 Pasaman lebih baik dari pada dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 07:04 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 01:55 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17339 |
Actions (login required)
View Item |