Praktik Marsali Bahan Bangunan Studi Kasus di Nagari Rabi Jonggor Kabupaten Pasaman Barat Ditinjau dari Prinsip Tabarru'

Hamidi, M. Rasid (2023) Praktik Marsali Bahan Bangunan Studi Kasus di Nagari Rabi Jonggor Kabupaten Pasaman Barat Ditinjau dari Prinsip Tabarru'. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARI'AH.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER dll)
COVER-dll.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (686kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V dll.pdf - Published Version

Download (752kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Praktik Marsali Bahan Bangunan Studi Kasus di Nagari Rabi Jonggor Kabupaten Pasaman Barat Ditinjau dari Prinsip Tabarru’” yang disusun oleh M. Rasid Hamidi NIM 1813040136 pada Fakultas Syari’ah Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah. Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah praktik marsali bahan bangunan di Nagari Rabi Jonggor Kabupaten Pasaman Barat. Praktik marsali terjadi antara dua orang yang berakad dimana pihak pertama sebagai pemberi hutang dan pihak yang kedua sebagai penerima utang. Masalah yang muncul dalam praktik marsali bahan bangunan tersebut ketika pihak kedua membayar utangnya tidak sesuai dengan perjanjian awal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Praktik Marsali Bahan Bangunan Studi Kasus di Nagari Rabi Jonggor Kabupaten Pasaman Barat Ditinjau dari Prinsip Tabarru’. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana praktik marsali bahan bangunan di Nagari Rabi Jonggor Kabupaten Pasaman Barat?, bagaimana pendapat pemilik bahan bangunan dan orang yang berutang terhadap praktik marsali bahan bangunan di Nagari Rabi Jonggor Kabupaten Pasaman Barat ? dan bagaimana praktik marsali bahan bangunan di Nagari Rabi Jonggor Kabupaten Pasaman Barat ditinjau dari prinsip tabarru’?. Untuk menjawab pertanyaan penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan baik itu melalui dokumentasi maupun wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian ini menggunakan teori akad tabarru’. Setelah penulis melakukan penelitian maka hasil dari penelitian tersebut bahwa praktik marsali bahan bangunan di Nagari Rabi Jonggor Kabupaten Pasaman Barat ditinjau dari Hukum Islam dan prinsip tabarru’ hukumnya adalah boleh (mubah), disebabkan adanya unsur tolong menolong yang manfaatnya lebih besar daripada mudaratnya. Namun apabila dalam pengembalian hutang tidak sesuai baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya alangkah baiknya jika diiklaskan dan direlakan demi mendapatkan ridho Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Praktik Marsali, Prinsip Tabarru' Nagari Rabi Jonggor
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:14
Last Modified: 13 Oct 2023 02:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17323

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item