Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik yang Belajar dengan Model Pembelajaran Aktif Tipe (PC)dan Think Pair Share (TPS)Di kelas VIII MTsN Simpang Empat

Puja Lavara Sukma, PLS (2018) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik yang Belajar dengan Model Pembelajaran Aktif Tipe (PC)dan Think Pair Share (TPS)Di kelas VIII MTsN Simpang Empat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Puja Lavara Sukma.pdf

Download (11MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Pengesahan Tim Penguji.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (142kB)
[img] Text
ABSTRAK OKEE.pdf

Download (387kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR OKEE.pdf

Download (430kB)
[img] Text
DAFTAR ISI OKEE.pdf

Download (400kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL OKEE.pdf

Download (425kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB 1 OKEE.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB 2 OKEE.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3 OKEE.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 4 OKEE.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 OKEE.pdf

Download (508kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA OKEE.pdf

Download (402kB)
[img] Text
Surat Penelitian.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Surat Penelitian (2).pdf

Download (233kB)
[img] Text
Kesbangpol.pdf

Download (349kB)

Abstract

Puja Lavara Sukma NIM. 1314040443 :Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Yang Belajar Dengan Model Pembelajaran Aktif Tipe Pair Check (PC) Dan Think Pair Share (TPS) Di Kelas VIII MTsN Simpang Empat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hal ini dilihat dari hasil UH Matematika kelas VIII yang sebagian besar masih di bawah KKM yaitu 76. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan pendidik masih belum tepat, peserta didik hanya terbiasa dengan masalah rutin. Untuk itu diterapkan model pembelajaran Aktif tipe Pair Check dan Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengetahui Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Aktif tipe Pair Check lebih baik daripada pembelajaran biasa. 2)Mengetahui Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Aktif tipe Think Pair Share lebih baik daripada pembelajaran biasa. 3)Mengetahui Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran aktif tipe Pair Check dan Think Pair Share Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN Simpang Empat. Teknik pengambilan sampel random sampling. Diperoleh kelas VIII.D sebagai kelas eksperimen I (Pair Check), kelas VIII.E sebagai kelas eksperimen II (Think Pair Share) dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol (pembelajaran biasa). Instrument yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Waktu penelitian ini dimulai tanggal 22 Agustus - 15 September 2017 di MTsN Simpang Empat tahun pelajaran 2017/2018 semester ganjil. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen I adalah 83,81, kelas eksperimen II adalah 78,12, dan kontrol 69,23.Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh ttabel = 1,645 dengan taraf kepercayaan 95%. Hipotesis I diperoleh thitung = 4,843, ini berarti thitung > ttabel, hal ini menunjukkan hipotesis I diterima artinya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran aktif tipe Pair Check lebih baik daripada pembelajaran biasa. Hipotesis II diperoleh thitung= 2,615 ini berarti thitung> ttabel, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis II diterima artinya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran aktif tipe Think Pair Share lebih baik daripada pembelajaran biasa. Hipotesis III diperoleh thitung = 1,969, ini berarti thitung> ttabel, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis III diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran aktif tipe Pair Check dan tipe Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2018 01:48
Last Modified: 15 Nov 2018 01:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item