PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAI-BP) KELAS VIII SMPN 5 KOTA SOLOK

PERDANA, KENNY MURFY (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAI-BP) KELAS VIII SMPN 5 KOTA SOLOK. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
COVER FIX PROPOSAL ke.pdf

Download (801kB)
[img] Text (BAB I SKRIPSI)
BAB I Skripsi.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text (BAB III SKRIPSI)
BAB III Skripsi.pdf - Published Version

Download (995kB)
[img] Text (BAB V SKRIPSI)
BAB V Skripsi.pdf - Published Version

Download (516kB)
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI FULLTEXT KENNY MURFY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 5 Kota Solok tahun 2023/2024 karena cenderung pendidik menggunakan pembelajaran konvensional, Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar peserta didik yaitu dengan model pembelajaran advance organizer. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu: (1) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik di kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui motivasi peserta didik di kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran advance organizer, 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran advance organizer terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 5 Kota Solok tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu teknik purposive sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII 6 dan kelas kontrol adalah VIII 7. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata post-test 89,00 dan kelas kontrol memiliki rata-rata post-test 84,77. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 23 diperoleh nilai t hasil sebesar 3,61 pada taraf signifikansi 5% nilai t table sebesar 1,67 dengan derajat kebebasan 61. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t hasil (3,61) lebih besar dari nilai t table (1,67) sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Advance Organizer, Motivasi Belajar, Peserta Didik
Subjects: Agama Islam
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 13 Oct 2023 05:58
Last Modified: 13 Oct 2023 05:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17304

Actions (login required)

View Item View Item