Azizah, Azizah (2023) Penerapan Prinsip Good Governance dalam Pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) Perspektif Siyasah Idariyah (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 07 Pasar Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.
There is a more recent version of this item available. |
Text (COVER)
COVER DLL AZIZAH (1813030001).pdf - Published Version Download (203kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I AZIZAH (1813030001).pdf - Published Version Download (528kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III AZIZAH (1813030001).pdf - Published Version Download (563kB) |
|
Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA AZIZAH (1813030001).pdf - Published Version Download (152kB) |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT AZIZAH (1813030001).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul ”Penerapan Prinsip Good Governance dalam Pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) Perspektif Siyasah Idariyah (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 07 Pasar Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan)”, Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di Sekolah Dasar Negeri 07 Pasar Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, dimana dalam menjalankan tugas dan wewenang sekolah masih belum maksimal karena terdapat siswa yang tidak mendapatkan bantuan padahal telah memenuhi syarat. Penelitian ini membahas tentang bagaimana bagimana penerapan prinsip good governance dalam pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di Sekolah Dasar Negeri 07 Pasar Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan?. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian (Field research). Data yang digunakan berupa bahan hukum primer dan sekunder. Bahan hukum primer diperoleh dari wawancara dan observasi. Bahan hukum sekunder diperoleh dari struktur organisasi dan kearsipan, dokumen, laporan-laporan serta buku-buku dan lain sebagainya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. Pertama pelaksanaan PIP Sekolah Dasar Negeri 07 Pasar Salido, (1) Proses pengusulan penerima PIP dengan berdasar pada data pokok pendidikan (dapodik) yang di data oleh sekolah terkait identitas serta kondisi peserta didik yang layak untuk mendapatkan bantuan PIP. (2) Penetapan penerima PIP diumumkan melalui sebuah aplikasi yakni Sistem Informasi Indoesia Pintar (SiPintar). (3) Proses pencairan dana PIP dilakukan dengan bekerjasama dengan bank penyalur yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kedua, Penerapan prinsip Good Governance oleh Sekolah Dasar Negeri 07 Pasar Salido yakni prinsip akuntabilitas dan efisiensi belum optimal dimana terdapat masyarakat yang telah memenuhi syarat namun tidak mendapatkan bantuan tersebut dan dari efisiensi yang proses pencairan dana PIP tidak sesuai dengan batas waktu yang diinstruksikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Ketiga, Hambatan yang dihadapi oleh Sekolah Dasar Negeri 07 Pasar Salido adalah pengawasan terhadap pendataan dan verifkasi penerma PIP serta lambatnya proses pencairan PIP. Adapun parktik pembinaan dan pengawasan yang dlakukan sekolah, telah menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam konsep siyasah idariyah, seperti dalam pelayanan dan sederhana berdasarkan peraturan yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Good Governance, Pogram Indonesia Pintar, Siyasah Idariyah |
Subjects: | U Umum (General) > Hukum |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara |
Depositing User: | Ruang Baca Fakultas Syariah |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:26 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:26 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17292 |
Available Versions of this Item
- Penerapan Prinsip Good Governance dalam Pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) Perspektif Siyasah Idariyah (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 07 Pasar Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan). (deposited 11 Oct 2023 02:26) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |